90 Tahun National Day: Propaganda Anti Arab Saudi Dari Turki

  • 26 September 2020
  • 1,003 view
90 Tahun National Day: Propaganda Anti Arab Saudi Dari Turki

Hari Nasional ke-90 tahun Arab Saudi, dimaknai berbeda oleh sebagian pihak. Di antaranya, seperti orang Turki yang masih melanjutkan propaganda anti Arab.

Mereka menganggap bahwa tanggal 23 September adalah hari di mana rakyat Saudi merayakan “Hari Kemerdekaan” dari Turki (Gambar 1).

Padahal, tanggal tersebut merupakan hari di mana nama Kerajaan Arab Saudi (Al-Mamlakah al-Arabiyah al-Saudiyah) resmi ditetapkan sebagai ganti dari nama “Kerajaan Nejd dan Hijaz beserta Anneksnya” (Mamlakah al-Najd wa al-Hijaz wa Mulhaqatiha).

Sesuai Dekrit Raja Abdulaziz bin Saud nomor: 2716 tahun 1932, menyusul keberhasilan penyatuan wilayah-wilayah Kerajaan yang memakan waktu lebih dari 30 tahun (Gambar 2).

Daulah Utsmaniyah atau Turki Utsmani, tidak pernah menguasai seluruh Jazirah Arab. Tetapi mereka menguasai sebagian saja, bersekutu dengan penguasa di Hijaz (Gambar 3).

Sekutu mereka, Shareef Hussain, adalah orang yang berperang melawan Daulah Utsmaniyah untuk membebaskan tanah Arab, bukan Al Saud yang mendirikan Arab Saudi di Najd (Gambar 4).

Pemahaman yang keliru seperti, menjangkiti sebagian pembenci Saudi, sejarah bias dan propaganda yang disebarluaskan untuk tujuan politis.

Maka, sangat keliru jika National Day di Arab Saudi sebagai perayaan terbebasnya dari penjajahan Utsmaniyah.

Padahal, Turki Utsmani hancur karena oleh anak bangsanya sendiri. Seperti dalam Perang Kemerdekaan Turki, bangsanya sendiri yang melawan.

Sementara orang Arab hanya mengusir mereka dari tanah Arab, tetapi tidak menghancurkan kekaisaran Turki Utsmani (Gambar 5 & 6).

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait