Bisnis Kembali Tumbuh di 3 Besar Negara Arab

  • 5 Oktober 2020
  • 189 views
Bisnis Kembali Tumbuh di 3 Besar Negara Arab

Aktivitas bisnis di tiga ekonomi terbesar dunia Arab kembali tumbuh, dengan Mesir mengalami ekspansi pertamanya dalam 14 bulan.

Setelah terjadi kemerosotan pada Agustus, sektor swasta non-migas kembali membaik sejak bulan lalu, meskipun kondisinya belum normal, seperti hilangnya pekerjaan.

Ini karena banyak perusahaan masih harus menyesuaikan diri dengan tantangan ekonomi pandemi global, sementara pemerintah melonggarkan pembatasan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Aktivitas sektor swasta non-migas di Arab Saudi, Mesir, dan Uni Emirat Arab, naik bulan lalu di atas ambang batas 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi. Sebagaimana survei Purchasing Managers’ Index yang dikompliasi oleh IHS Markit.

IHS Markit Egypt PMI naik menjadi 50,4 dari 49,4 pada Agustus karena permintaan konsumen dan penjualan ekspor pulih. PMI Arab Saudi yang melakukan ekspansi bulanan pertama sejak Februari, naik ke 50,7 dari 48,8.

Untuk UEA naik menjadi 51 pada bulan September dari 49,4, dengan kondisi bisnis membaik untuk ketiga kalinya dalam empat bulan.

“Data PMI Mesir terbaru menawarkan lebih banyak optimisme untuk bisnis, ”kata David Owen, ekonom di IHS Markit. “Ekonomi non-migas sedang mengalami perubahan haluan yang sederhana setelah dampak yang menghancurkan dari pandemi Covid-19.”

Meskipun demikian, ekonomi di Teluk akan mengalami rebound yang lebih lambat daripada di tempat lain, karena harga minyak yang lebih rendah yang memaksa penyesuaian fiskal oleh pemerintah. bloomberg

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait