Lelang Elang di Saudi, Harganya Capai Milyaran Rupiah

  • 13 Oktober 2020
  • 696 views
Lelang Elang di Saudi, Harganya Capai Milyaran Rupiah

Jika Anda termasuk penggemar burung elang, maka Saudi-lah negara yang tepat untuk berburu elang terbaik. Tapi jangan lupa, siapkan kocek yang dalam untuk dirogoh, karena harga elang terbaik bisa mencapai Rp 9,8 Milyar.

Elang Saudi merupakan jenis elang yang paling tersebar luas di dunia, penjualannya melebihi 200 juta riyal setiap tahun.

Elang di Saudi telah dikaitkan dengan budaya dan peradaban Kerajaan untuk waktu yang lama. Lebi dari 16 ribu burung elang tersebar di seluruh wilayahnya dengan 10 ribu pemiliknya.

Sejak 3 tahun lalu, Saudi memiliki “Saudi Falcons Club” di bawah pengawasan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Di antara tujuan klub ini untuk menjaga tradisi turun temurun dalam perlindungan elang dan meningkatkan volume perdagangannya.

Selain itu, Klub Elang Saudi menyediakan rumah sakit dan klinik elang, mendorong pengembangan peternakan elang, mengadakan kompetisi, serta mengembangkan pasar dan membangun bursa saham internasional.

Menjelang musim dingin saat ini, pasar lelang “Saudi Falcons Club” diadakan dalam “Festival Raja Abdulaziz” di Mulham, utara kota Riyadh.

Selama tiga hari lelang dibuka, lebih dari 900 ribu riyal transaksi berhasil dilakukan. Sementara pasar lelang akan berlangsung hingga 15 November nanti.

Harga termahal elang “Farkh Shaheen” berhasil terjual 125 ribu reyal. Ada juga elang yang memiliki panjang 15,25 inci dan berat 970 gram, berhasil dilelang senilai 110 ribu riyal.

Abdullah Al-Hamidani, seorang ahli penjualan elang, mengatakan: “Pasar elang di Arab Saudi telah mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Riyadh sejak lama, karena ini adalah yang terbesar di negara-negara Teluk dan kawasan Arab.”

Al-Hamidani menjelaskan, penjualan burung elang di Arab Saudi cukup besar. Harganya berkisar antara 7 ribu hingga 650 ribu riyal.

Sementara beberapa burung elang yang disebut “monster” memiliki penjualan melebihi 1 juta riyal. Yang lainnya biasa dijual di negara-negara Teluk dengan harga lebih dari 2,5 juta riyal.

Tertarik ikut lelang elang?

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait