Badan Pengawas Obat dan Makanan Saudi Ungkap Arti Angka di Kemasan Plastik

  • 14 November 2020
  • 1,089 view
Badan Pengawas Obat dan Makanan Saudi Ungkap Arti Angka di Kemasan Plastik

Pengawasan makanan dan minuman di Arab Saudi dikenal sangat ketat. Kehadiran pemerintah untuk perlindungan untuk konsumen sangat terasa. Berikut salah satu usaha edukasi dari salah satu otoritas terkait di Saudi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Arab Saudi mengklaririfikasi bahwa bahan plastik yang digunakan untuk mengemas makanan dan air dianggap aman, jika memenuhi spesifikasi standar dan regulasi teknis.

Food and Drug Administration menjelaskan arti angka yang digunakan dalam simbol segitiga daur ulang pada kemasan plastik.

Angka 1 artinya bahan terbuat dari polietilen tereftalat yang memiliki sifat tahan lama. Bahan ini biasa digunakan sebagai wadah minuman bersoda, air mineral, kacang tanah dan selai.

Angka 2 berarti kemasan tersebut terbuat dari polietilen dengan kepadatan tinggi yang dicirikan dengan ketahanannya terhadap bahan kimia dan biasanya digunakan untuk mengemas susu, jus, air, dan kantong bagian dalam yang biasa digunakan mengemas sereal untuk sarapan.

Sedangkan angka 3 terbuat dari vinyl, sifatnya murni dan serbaguna, banyak digunakan dalam kemasan makanan.

Kemasan dengan nomor 4 adalah fleksibel dan tahan lama, serta terbuat dari polietilen dengan kepadatan rendah dan digunakan untuk membungkus kantong roti, makanan beku, dan botol madu.

Sedangkan botol bertuliskan angka 5 terbuat dari polypropylene, memiliki sifat tahan secara kimiawi, dari panas, minyak dan lemak. Biasanya digunakan untuk membuat kemasan saos,

Sedangkan untuk kemasan bertuliskan angka 6 terbuat dari polystyrene yaitu bahan plastik serbaguna sebagai bahan padat atau busa gabus, digunakan untuk kemasan fast food seperti sandwich, pizza dan kacang-kacangan.

Angka 7 artinya bahan tersebut terbuat dari bahan plastik lain seperti polikarbonat dan digunakan pada wadah besar seperti air kemasan.

المصدر: صحيفة عكاظ

Ditulis oleh: News Admin