Arab Saudi Akan Pimpin KTT G-20 dari Riyadh

  • 20 November 2020
  • 268 views
Arab Saudi Akan Pimpin KTT G-20 dari Riyadh

G-20 atau Kelompok 20 adalah grup kerja sama ekonomi negara-negara terkemuka, beranggotakan 19 negara ditambah dengan Uni Eropa.

Pada tahun 2020 ini, Kerajaan Arab Saudi menjadi ketua G-20 dan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT).

Summit G-20 didahului oleh pertemuan para menteri perdagangan, menteri keuangan, dan gubernur bank sentral, yang dirancang untuk mengatur agenda pertemuan para pemimpin negara-negara kuat dunia tersebut.

Di tahun pandemi kali ini, semuanya dilakukan secara virtual, termasuk KTT G-20 Riyadh yang akan diselenggarakan secara virtual pada 21-22 November 2020, yang dipimpin oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Ada 3 pembahasan utama yang akan dibicarakan dalam G20 Riyadh, di antaranya:

Pertama, pemberdayaan manusia, meliputi penciptaan lingkungan yang ramah untuk semua, terutama wanita dan generasi muda, lingkungan hidup, kerja dan semangat beraktivitas.

Kedua, menjaga bumi, dengan penguatan usaha bersama untuk menjaga bumi yang berkaitan dengan keamanan pangan, air, iklim, sumber tenaga dan lingkungan.

Dan ketiga, membentuk cakrawala baru, melanjutkan strategi jangka panjang untuk kerjasama yang menguntungkan dalam inovasi dan teknologi terbaru.

Semarak menyambut KTT G-20 di kota Moskow:

Untuk mengikuti siaran langsung G-20 Riyadh, tonton via streaming di link ini https://www.g20riyadhsummit.org/stream/.

Simak penjelasannya dalam video yang menggunakan bahasa Jepang berikut ini:

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait