Sepuluh Negara Dengan Utang Terendah Di Dunia, Di Antaranya 4 Negara Arab

  • 20 November 2020
  • 1,238 view
Sepuluh Negara Dengan Utang Terendah Di Dunia, Di Antaranya 4 Negara Arab

Kerajaan Arab Saudi menempati tempat pertama di dunia Arab dalam hal negara-negara dengan hutang paling sedikit. Ini berarti Arab Saudi negara terbaik di dunia Arab dalam peringkat hutang publik.

Saudi juga menjadi salah satu negara terbaik di dunia yang menggiring hutang menjadi perbendaharaan publiknya, melampaui banyak perekonomian utama dan penting di dunia.

Dalam sebuah laporan Forum Ekonomi Dunia yang meninjau risiko yang dihadapi ekonomi dunia dan situasi keuangan mereka, sepuluh negara terbaik di dunia dalam hal tingkat hutang publik, di antaranya empat negara Arab.

Dari keempat negara Arab tersebut, yang terbaik adalah Arab Saudi, sisanya Al-Jazair dan dua negara Arab Teluk.

Rendahnya tingkat utang publik di sebuah negara merupakan indikator penting dari kualitas situasi ekonomi.

Karena utang publik memasukkan uang ke dalam perbendaharaan untuk membayar utang dan biasanya diukur dalam kaitannya dengan produk domestik bruto negara.

Berikut ini adalah sepuluh negara yang paling rendah utangnya di dunia:

  1. Hong Kong, utang publik negara sebesar 0,1% dari PDB negara.
  2. Brunei. Sejak kemerdekaannya, negara ini mengandalkan ekspor minyak dan gas. Brunei merdeka dari Inggris pada tahun 1984 dan utang publiknya mencapai 3,1% dari PDB.
  3. Estonia, berkat reformasi ekonomi dan tren menuju pasar terbuka setelah kemerdekaannya dari Rusia, utang publiknya sebesar 9,5% dari PDB.
  4. Arab Saudi, merupakan salah satu ekonomi terbaik di dunia dalam hal tingkat utang publik, berhasil mempertahankan levelnya yang rendah meskipun harga minyak turun, utangya sebesar 12,4% dari PDB Kerajaan.
  5. Botswana, negara kecil di Afrika Selatan yang merepresentasikan kisah sukses. Selama kurun waktu 1966 hingga 1999 berhasil mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata 9%, sedangkan rasio utang publiknya 13,9% dari PDB.
  6. Rusia, hutang publik berjumlah 17% dari PDB-nya.
  7. Kuwait, menempati posisi kedua di dunia Arab setelah Arab Saudi, dan salah satu ekonomi Arab terbaik, utang publiknya adalah 18,6% dari PDB negara.
  8. Nigeria, utang publiknya berjumlah 18,6% dari PDB.
  9. UEA, memiliki dana kekayaan negara yang asetnya melebihi $ 1,3 triliun, salah satu ekonomi Arab yang paling penting dan terbaik, utang publik berjumlah 19,3% dari PDB.
  10. Aljazair, yang keempat di dunia Arab dan kesepuluh di dunia, utang publiknya berjumlah 20,4% dari PDB negara.

Untuk membaca detail utang Arab Saudi, silahkan klik https://www.mof.gov.sa/NDMC/ReportsandStatistics/Pages/default.aspx

Sumber: alArabiya

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait