Setelah Putus 43 Tahun… Rekonsiliasi Antar Kabilah Saudi di Asir

  • 22 November 2020
  • 878 views
Setelah Putus 43 Tahun… Rekonsiliasi Antar Kabilah Saudi di Asir

Suku-suku Saudi di wilayah Asir, di barat daya Arab Saudi mengakhiri perselisihan dan perpecahan di antara mereka, yang berlangsung selama lebih dari empat dekade, di negara di mana suku menempati posisi penting di hati masyarakatnya.

Emirat Asir ikut mengawasi rekonsiliasi tersebut melalui Komite Pembangunan Perdamaian Masyarakat, yang dibentuk awal tahun ini, dan telah berhasil mengakhiri beberapa dekade sengketa antar suku.

Pihak emirat mengatakan, panitia penyelenggara perdamaian masyarakat berhasil membangun ketentraman dan keamanan antara suku Bani Jabra sejak dua bulan lalu, setelah 43 tahun terasing.

Pihak emirat tidak menyebutkan alasan perselisihan tersebut, tetapi biasanya terjadi karena pembunuhan, akibat pertengkaran pribadi antar individu atau perselisihan atas tanah atau keberatan atas beberapa perkawinan dan berbagai alasan lainnya.

Sebuah klip video dan foto dirilis oleh Emirat Asir melalui Twitter, yang memperlihatkan sejumlah tokoh-tokoh suku duduk di lapangan klub olahraga Al-Masyaf di Pusat Al-Masqi di wilayah tersebut.

Pertemuan ishlah tersebut dihadiri Gubernur Asir, Turki bin Talal bin Abdulaziz.

Mereka secara bergiliran memberikan sambutan pidato, dengan memuji mereka yang telah mengupayakan rekonsiliasi tersebut diadakan.

Pada bulan Juni lalu, inisiatif untuk membangun perdamaian komunitas di wilayah ini juga mendamaikan antara dua keluarga suku Balsamar, setelah perselisihan yang berlangsung selama lebih dari 60 tahun. [eremnews]

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait