Saudi Sumbang 1 Juta Dollar UNHCR Untuk Pengungsi Dunia

  • 3 Desember 2020
  • 231 views
Saudi Sumbang 1 Juta Dollar UNHCR Untuk Pengungsi Dunia

Kerajaan Arab Saudi sumbang dana sebesar 1 juta Dollar AS untuk anggaran Komisi untuk Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR).

Bantuan tersebut, bersama dengan sambutan pidato Dr. Abdulaziz Al-Wasil, Perwakilan tetap Kerajaan Arab Saudi untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, di konferensi tahunan UNHCR hari Rabu (2/12).

Dia menjelaskan bahwa Saudi memberikan banyak inisiatif internasional, sebagaimana posisinya saat ini sebagai Pimpinan G20.

Inisiatif tersebut untuk mengurangi masalah ketidakstabilan keamanan dan kemanusiaan global.

Termasuk juga komitmen bantuan dana lebih dari 21 miliar dolar AS untuk memastikan vaksin Coronavirus menjangkau seluruh belahan dunia secara merata.

Abdulaziz menyatakan bahwa selama KTT G20, Saudi memimpin upaya untuk mencapai kesepakatan penangguhan pembayaran utang negara selama 6 bulan ke depan.

Sejumlah besar negara berpenghasilan rendah akan mendapat manfaat dari inisiatif tersebut, di tengah pandemi yang mengancam ekonomi, pembangunan dan menghindari bencana kemanusiaan.

Selain itu, Saudi juga berinisiatif meluncurkan Program Nasional Carbon Circular Economy guna menghadapi tantangan lingkungan dan iklim global.

Abdulaziz menegaskan kontribusi Saudi dalam membantu pengungsi global, di antaranya telah menampung jutaan pengungsi.

Mereka telah disediakan pendidikan gratis dan berobat, serta menerapkan kebijakan yang menggiring kepada integrasi pengungsi dengan masyarakat Saudi.

Abdulaziz yakin bahwa UNHCR dapat mengidentifikasi area bahaya dan tantangan yang mengancam keamanan global, serta memastikan UNHCR sepenuhnya mampu mengembangkan rencana dan kebijakan yang tepat untuk menghadapinya.

Di akhir pidatonya, dia menyerukan upaya bersama untuk berbagi beban untuk mengatasi krisis pengungsi dan mengatasi akar penyebab dari perang, kelaparan, kemiskinan dan perubahan iklim. ajel

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait