Desain Landmark di Riyadh Raih Excellence Award

  • 8 Desember 2020
  • 376 views
Desain Landmark di Riyadh Raih Excellence Award

Salah satu landmark paling terkenal di ibu kota Arab Saudi telah memenangkan penghargaan bergengsi untuk desain arsitekturnya yang unik dan inovatif.

Dirancang oleh Zahra Hadid Architects (ZHA), King Abdullah Petroleum Studies and Research Center (KAPSARC) telah menerima penghargaan American Concrete Institute (ACI) untuk keunggulan konstruksi beton.

Dengan struktur sarang lebah prismatik heksagonal, memiliki nuansa futuristik dan menyerupai organisme hidup.

Berjalan melalui halaman kampus, bagian luar gedung dan bukaan sel heksagonal di langit-langit, bukan sekedar atap dari terik matahari, tetapi juga bayangan lembut.

Lima bangunan KAPSARC yang berbeda dihubungkan oleh desain unit sarang lebah heksagonal yang sangat besar, meliputi pusat komputer, pengetahuan energi, konferensi dengan ruang pameran dan auditorium, perpustakaan penelitian, dan masjid.

Desainnya memiliki pertimbangan teknis dan lingkungan yang solid di intinya, menyatukan lima elemen kampus menjadi satu.

Dengan 30 persen bahan yang dibuat dengan konten daur ulang, bentuk kristal miring untuk melindungi dari panas matahari ke selatan dan terbuka ke depan ke utara dan barat. Seakanakan sel hidup yang tumbuh merespon lingkungan di dalamnya.

Menggunakan sel prismatik yang dikenal sebagai “penangkap angin”, untuk mengarahkan angin dari utara melalui ruang terbuka.

Bangunan tersebut terbuat dari baja yang sangat kompleks, kata arsitek Saudi Mukhtar Al-Shoaibi.

“Kontraktor yang mengerjakan pekerjaan itu pasti telah melalui banyak hal untuk memasang sambungan dan kemudian mengaplikasikan lembaran di atasnya dan sekarang berfungsi sebagai monumen di Saudi,” katanya kepada Arab News.

“Proyek ZHA selalu unik dan kreatif dengan cara non-tradisional yang belum pernah ada sebelumnya. Tidak ada struktur lain seperti itu di seluruh dunia,” tambahnya.

Pakar Saudi menyamakan karya Hadid dengan anime favorit Kerajaan, Grendizer. Dia mengatakan banyak karyanya mengingatkannya pada tema luar angkasa di mana dia menerapkan beton “dengan cara yang tidak konvensional.”

Pekerjaan khusus dengan KAPSARC ini, dia mengatakan bahwa desainnya menyerupai jaring kerangka besi yang rumit.

“Kami mengucapkan selamat kepada Kerajaan atas penghargaan ini. Riyadh adalah kota yang indah dengan banyak bangunan untuk dirayakan, termasuk King Abdullah Financial City dan ZHA’s train station.”

Namun, yang paling dinantikan oleh Al-Shoaibi adalah bakat-bakat Saudi yang akan datang yang penuh dengan kreativitas dan janji.

Arsitek Saudi juga telah menarik beberapa penghargaan di bidangnya, termasuk Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur, katanya.

“Saya bangga melihat orang Saudi mencapai itu. Masih banyak lagi proyek besar yang akan datang di Kerajaan, dan saya tidak sabar untuk melihat apa yang akan mereka hadirkan,” tambahnya.

KAPSARC mendapatkan gelar “gedung paling cerdas” di Kerajaan dari program Honeywell Smart Building Awards.

Sebagai organisasi nonprofit yang mempromosikan sustainability, organisasi ini menggunakan sumber daya untuk menemukan solusi energi yang efisien dan memecahkan tantangan energi dan masalah lingkungan.

Penghargaan ACI didedikasikan untuk proyek-proyek bergengsi dan kreatif untuk menciptakan ruang internasional untuk keunggulan beton, inovasi dan teknologi. (Arab News)

Ditulis oleh: News Admin