Kementerian Energi Saudi: Serangan Teroris Ke Kapal Pengangkut Bahan Bakar di Jeddah

  • 15 Desember 2020
  • 359 views
Kementerian Energi Saudi: Serangan Teroris Ke Kapal Pengangkut Bahan Bakar di Jeddah

Kementerian Energi Arab Saudi merilis informasi bahwa pagi dini hari (14/12) tadi, sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak yang sedang berlabuh di Jeddah, diserang sebuah boat perangkap (booby trap boat), yang mengakibatkan kebakaran.

Unit pemadam kebakaran setempat berhasil memadamkan api dengan segera, tidak ada laporan korban jiwa atau luka dalam serangan tersebut.

Kantor Berita Arab Saudi (SPA) mengutip sumber yang sama juga memastikan tidak ada kerusakan fasilitas bongkar muat bahan bakar atau dampak apapun di pelabuhan Jeddah.

Serangan di Jeddah terjadi tidak lama setelah serangan terhadap kapal lain di Al-Shuqaiq, stasiun distribusi produk minyak di utara Jeddah dan platform bongkar muat terapung dari stasiun distribusi produk minyak di Jizan.

Tindakan sabotase teroris ini, diarahkan terhadap instalasi vital dunia, bukan sekedar penargetan terhadap Arab Saudi. Serangan menargetkan keamanan dan stabilitas pasokan energi dan ekonomi global, menurut rilis SPA.

Tindakan kriminal ini dapat berdampak terhadap rusaknya lalu lintas laut, keamanan ekspor minyak bumi dan kebebasan perdagangan internasional.

Selain ancaman perairan pesisir dan regional karena ancaman bencana lingkungan besar yang diakibatkan kebocoran produk minyak bumi.

Di akhir rilisnya, Kementerian Energi Saudi mendesak kepada dunia untuk berdiri bersama melawan tindakan teroris dan para pelakunya, termasuk kepada pihak-pihak yang mendukungnya. SPA

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait