Indonesia dan Arab Saudi Tempati 5 Besar Di Beberapa Kategori Laporan Keuangan Islam 2020

  • 23 Desember 2020
  • 293 views
Indonesia dan Arab Saudi Tempati 5 Besar Di Beberapa Kategori Laporan Keuangan Islam 2020

Menurut Islamic Finance Development Report 2020, industri keuangan syariah mengalami pertumbuhan dua digit sebesar 14% pada 2019 menjadi total aset US $ 2,88 triliun.

Hal ini terjadi meskipun ketidakpastian di pasar keuangan Islam terbesar, selama beberapa tahun terakhir, karena harga minyak yang rendah dan pertumbuhan industri yang lemah pada tahun 2018.

Untuk mengukur perkembangan industri keuangan Islam dengan menilai kinerja semua bagiannya, disusunlah ICD Refinitiv Islamic Finance Development Indicator (IFDI).

Sebuah studi menunjukkan aset industri keuangan Islam global akan mencapai $ 3,69 triliun pada tahun 2024 dari $ 2,88 triliun pada tahun 2019.

Ada lima indikator utama yang menjadi pertimbangan dalam pengembangan keuangan Islam, di antaranya Pengembangan Kuantitatif, Pengetahuan, Pemerintahan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan Kesadaran.

Analisis terhadap lima area industri ini di 135 negara di seluruh dunia menunjukkan bahwa nilai indikator global secara keseluruhan.

Indonesia dan Arab Saudi termasuk 5 besar indikator terbesar, di antaranya seperti Most Developed Countries In Islamic Finance, Top IFDI Markets and Global Average IFDI Values, termasuk dalam rangking Islamic Finance Development Indicators.

Berikut beberapa tabel keuangan Islam yang dilaporkan oleh IFDI:

Untuk lebih detail silahkan unduh di sini.

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait