Arab Saudi Akusisi Industri Militer Terbesar di Kawasan

  • 29 Desember 2020
  • 590 views
Arab Saudi Akusisi Industri Militer Terbesar di Kawasan

Saudi Arabian Military Industries (SAMI), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Public Investment Fund (PIF), umumkan akuisisi Advanced Electronics Company (AEC).

Langkah ini sebagai bagian dari kesepakatan industri militer terbesar yang pernah ada di Kerajaan Arab Saudi.

Pembelian diharapkan selesai pada kuartal pertama 2021 setelah persetujuan regulasi, sehingga AEC akan menjadi 100% perusahaan milik Saudi.

Akuisisi tersebut diumumkan dalam sebuah acara yang diselenggarakan oleh SAMI di hadapan anggota Dewan Direksi SAMI dan AEC, serta pejabat senior dari Kementerian Pertahanan, Otoritas Umum untuk Industri Militer (GAMI), PIF, BAE Systems Arab Saudi, Saudi Arabian Airlines (SAUDIA), dan pemangku kepentingan lainnya.

Mengomentari kesepakatan tersebut, Ahmed Al-Khateeb, Ketua SAMI, mengatakan:

“Kesepakatan ini memperkuat kehadiran SAMI di pasar industri pertahanan yang penting secara strategis dan mendukung rencananya untuk mentransfer dan melokalkan industri militer.

Akuisisi ini juga akan meningkatkan peluang AEC untuk berkembang dan bersaing di bidangnya. ”

Al-Khateeb menegaskan dukungan dari Menteri Pertahanan untuk transfer dan lokalisasi industri militer sebagai bagian penting dari Visi Saudi 2030.

“Pencapaian ini juga mendukung upaya PIF melalui SAMI dalam melokalkan teknologi dan pengetahuan mutakhir, serta membangun kemitraan ekonomi strategis,” imbuh al-Khateeb.

Al-Khateeb menambahkan, “Sebagai ‘permata mahkota’ industri militer Arab Saudi dan pencapaian yang membanggakan bagi warganya, AEC akan membawa perubahan transformatif di sektor pertahanan Kerajaan dengan meningkatkan kompetensi industri dan memajukan inovasi.

Dengan produk-produk canggih, teknologi inovatif dengan pengalaman beberapa dekade dan upaya kolektif SAMI dan AEC, akuisisi ini akan membentuk masa depan ekosistem pertahanan dalam negeri dan memberikan kontribusi jangka panjang bagi perekonomian nasional untuk tahun-tahun mendatang, melalui pengembangan keterampilan, penciptaan lapangan kerja, dan ekspor.”

Eng. Walid Abukhaled, CEO SAMI, berterima kasih kepada Public Investment Fund (PIF) atas dukungan dan upaya tak terbatas yang berkontribusi pada keberhasilan akuisisi.

Dia menegaskan bahwa kesepakatan itu akan berfungsi untuk meningkatkan sektor pertahanan lokal dan mendukung merealisasikan tingkat lokalisasi yang dibutuhkan oleh konten lokal industri militer.

AEC dianggap sebagai fasilitator utama Visi 2030 Arab Saudi berkat pengalaman 32 tahun di pasar industri militer dan peran utama yang dimainkannya dalam pertahanan dan ruang angkasa serta pengembangan sistem keamanan lokal.

Selain memfasilitasi transfer teknologi dan meningkatkan produksi lokal, akuisisi tersebut akan memungkinkan SAMI untuk mengkonsolidasikan sektor elektronik pertahanannya.

Akuisisi SAMI atas AEC akan mendukung rencana strategisnya, yang bertujuan untuk memperluas bisnisnya dan memasuki sektor Pertahanan Elektronika yang progresif.

Akuisisi ini juga akan berkontribusi pada implementasi rencana SAMI untuk mentransfer teknologi dan melokalkan industri militer dalam negeri, serta memperkuat ekosistem pertahanan Saudi, sejalan dengan arahan dari Visi Kerajaan 2030.

Abdulaziz Al-Duailej, CEO AEC, mengatakan: “Akuisisi saham AEC oleh SAMI akan membantu kami mencapai tujuan dan rencana strategis kami untuk lima tahun ke depan.

Ini juga menempatkan kami di bawah payung Dana Investasi Publik (PIF), dana kekayaan negara KSA, yang merupakan tonggak sejarah bagi perusahaan dan membuat kami bangga sebagai direktur dan karyawan.”

Dia menambahkan, “prestasi ini terwujud berkat komitmen, pengalaman, dan upaya bersama dari semua karyawan di kedua perusahaan. Kesepakatan itu akan memberi AEC kesempatan untuk lebih memperkuat posisinya di pasar industri militer dan menjelajahi cakrawala baru dalam teknologi maju di Kerajaan dan sekitarnya, serta mendukung pengembangan berkelanjutan dari kapasitas kader nasional. ”

Sejak 1988, AEC merintis di bidang elektronik modern, manufaktur, integrasi sistem, serta layanan perbaikan dan pemeliharaan, hingga menjadi pemain regional utama yang terkenal akan inovasi.

Sekitar 85% karyawan perusahaan adalah warga Saudi, termasuk lebih dari 300 insinyur pria dan wanita.

AEC juga memiliki lebih dari 100 mitra strategis dan telah berhasil menyelesaikan lebih dari 1.000 proyek.

Selain itu, perusahaan ini juga telah berhasil melakukan pertumbuhan penjualan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2019, penjualan bersih mencapai SAR 2,32 miliar, naik dari SAR 2,07 miliar pada 2018 dan SAR 1,92 miliar pada 2017.

Sementara SAMI, sejak didirikan pada pertengahan 2017 oleh Dana Investasi Publik (PIF), telah memimpin upaya Arab Saudi dalam mengembangkan kemampuan pertahanan mandiri melalui portofolio produk dan layanan militernya yang tumbuh cepat, yang mencakup di seluruh divisi bisnisnya, yaitu Aeronautika, Sistem Darat, Senjata dan Rudal, Pertahanan Elektronik, dan Emerging Technologies. SPA

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait