ID Digital Bagi Ekspatriat dan Warga Saudi Diluncurkan

  • 6 Januari 2021
  • 891 views
ID Digital Bagi Ekspatriat dan Warga Saudi Diluncurkan

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, melalui Departemen Pencatatan Sipil, meluncurkan versi elektronik Muqeem ID (iqomah) untuk warga asing (ekspatriat) dan Kartu Identitas Nasional (KTP) warga negara Saudi.

ID elektronik dengan nama “Digital ID” akan tersedia di aplikasi “Absher Individuals” layanan dari Kemendagri yang tersedia di ponsel, sebagaimana laporan Saudi Press Agency.

Muhammad Al-Jasser, juru bicara Pencatatan Sipil, mengatakan bahwa Digital ID akan memudahkan proses verifikasi identitas warga yang menjadi pemegangnya, tanpa harus membawa KTP asli.

“Ini akan memungkinkan penggunanya untuk melihat data ID secara elektronik melalui kode QR dari aplikasi Absher Individuals. Pengguna dapat mengunduh salinan Digital ID di ponsel untuk memanfaatkannya tanpa perlu terhubung ke internet,” katanya.

Al-Jasser mengatakan bahwa Digital ID akan menjadi titik balik dalam mengembangkan proses transaksi elektronik untuk individu dengan sektor terkait dalam “Absher Individuals” kementerian.

Peluncuran “Digital ID” ini merupakan kerja sama Departemen Pencatatan Sipil dengan Data Saudi dan Otoritas Kecerdasan Buatan, diwakili oleh Pusat Informasi Nasional.

Bagi yang ingin mengaktifkan Digital ID, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi “Absher Individuals” di ponsel Anda melalui Playstore atau iTunes.
  2. Masuk (log in) ke aplikasi Absher Anda dengan username dan password.
  3. Klik “My Service.”
  4. Pilih “Activate Digital ID.”
  5. Geser ke bawah dan klik tombol “Activate Digital ID” lagi.[]
Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait