Video: MBS Rilis Sejuta Kota Pintar “The Line” di NEOM

  • 11 Januari 2021
  • 1,059 view
Video: MBS Rilis Sejuta Kota Pintar “The Line” di NEOM

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdulaziz, sekaligus Kepala Dewan Direksi NEOM, mengumumkan peluncuran kota “The Line” di NEOM.

Kota ini merupakan model perkotaan masa depan, dengan skema yang memastikan keseimbangan hidup masyarakatnya dengan alam.

Kota “The Line” akan mencakup komunitas cerdas yang saling terhubung dengan kecerdasan buatan sejauh 170 km.

Lingkungan diciptakan tanpa kebisingan atau polusi, bebas dari kendaraan dan kemacetan, sebagai tanggapan terhadap tantangan urbanisasi yang menghambat kemajuan umat manusia, seperti infrastruktur yang bobrok, polusi lingkungan dan kepadatan perkotaan dan populasi.

Dalam presentasinya, MBS mengatakan, “The Line” akan menjadi kota lingkungan tanpa kebisingan atau polusi, dan akan bebas dari kendaraan serta kemacetan.”

The Line selaras dengan Visi Saudi 2030 dalam hal diversifikasi ekonomi dengan menyediakan 380.000 kesempatan kerja, dan berkontribusi menambah 180 miliar riyal (48 miliar dolar AS) Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2030.

“Selama berabad-abad, kota dibangun untuk melindungi orang di ruang sempit, dan setelah Revolusi Industri, kota dibangun untuk menempatkan mesin, mobil, dan pabrik di depan orang.

Kota yang diklaim sebagai yang terbaik di dunia, di mana seseorang menghabiskan bertahun-tahun hidupnya untuk berpindah, hal ini berlipatganda pada tahun 2050.

Dan satu miliar orang akan mengungsi karena emisi karbon yang tinggi dan naiknya permukaan laut,” papar MBS.

MBS kemudian bertanya: “Mengapa kita sudi mengorbankan alam demi pembangunan? Mengapa 7 juta orang meninggal setiap tahun karena polusi? Mengapa kita kehilangan 1 juta orang setiap tahun karena kecelakaan lalu lintas?

Dan mengapa kita menerima bahwa tahun-tahun kehidupan seseorang terbuang percuma dalam transportasi?”

MBS melanjutkan: “Kita perlu memperbarui konsep kota menjadi kota masa depan. Hari ini, sebagai Kepala Dewan Direksi NEOM, saya mempersembahkan kepada Anda “The Line.”

Satu juta kota dengan panjang 170 km yang menjaga 95% kelestarian alam di tanah NEOM; tanpa mobil, nihil jalan, dan nol emisi karbon.”

Untuk pertama kalinya, lebih dari 150 tahun, kota “The Line” akan mendefinisikan kembali konsep pembangunan perkotaan melalui pengembangan masyarakat di mana manusia menjadi fokus utamanya.

Hal ini meningkatkan kualitas hidup dan memastikan akses ke semua fasilitas layanan dasar termasuk pusat kesehatan, sekolah, dan fasilitas, hiburan, plus ruang hijau dalam jarak 5 menit dengan berjalan kaki.

Solusi transportasi berkecepatan tinggi akan membuat perjalanan lebih mudah.

Perjalanan terjauh di “The Line” diperkirakan hanya berlangsung 20 menit, akan memberikan keseimbangan hidup antara lingkungan bisnis yang mendorong inovasi dan kualitas hidup yang luar biasa bagi penghuninya.

Masyarakat “The Line” akan dikelola sepenuhnya dengan mengandalkan teknik kecerdasan buatan.

Hal ini untuk memfasilitasi proses komunikasi antar manusia dengan cara yang memungkinkan, berinteraksi dengan kemampuan yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga menghemat waktu.

Secara virtual penghuninya akan saling berhubungan satu sama lain, dengan 90% data akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan infrastruktur, sementara 1% data dimanfaatkan di kota pintar.

The Line” memberikan makna baru pada kehidupan di bumi, mencerminkan pendekatan yang tak tertandingi untuk mengembangkan kota-kota masa depan yang selaras dengan alam.

Karena sepenuhnya akan mengandalkan 100% energi terbarukan dan bebas dari emisi karbon.

Untuk membangun ekonomi masa depan, NEOM akan bekerja sama dengan para pemimpin khusus dari seluruh dunia untuk memberikan solusi efektif pada tantangan ekspansi perkotaan yang menghambat kemajuan umat manusia.

The Line akan menjadi lingkungan yang menarik bagi para inovator, wirausahawan dan investor.

Awal pengembangan “The Line” akan dimulai selama kuartal pertama tahun 2021. Proyek NEOM ini merupakan salah satu proyek besar dalam portofolio investasi yang terdiversifikasi dari Dana Investasi Publik Kerajaan Arab Saudi.[]

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait