MBS Tawarkan Investasi $6 Triliun Dalam Forum Ekonomi Dunia Dari Tenda Al-Ula

  • 14 Januari 2021
  • 331 views
MBS Tawarkan Investasi $6 Triliun Dalam Forum Ekonomi Dunia Dari Tenda Al-Ula

Muhammad bin Salman (MBS), Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi sekaligus Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, berpartisipasi dalam sesi dialog strategis The World Economic Forum (WEF).

Forum tersebut diikuti lebih dari 160 pemimpin bisnis dan pengusaha internasional yang berpengaruh, mewakili 28 sektor dan 36 negara.

Selama sesi dialog, MBS membahas peluang investasi di Kerajaan, yaitu sebesar 6 triliun Dolar untuk 10 tahun ke depan.

Investasi tersebut termasuk 3 triliun Dolar proyek baru, sebagai peluang Visi 2030 untuk memaksimalkan kemampuan Kerajaan yang belum dimanfaatkan dan membangun sektor-sektor yang baru serta menjanjikan.

MBS mengindikasikan bahwa 85% dari program ekonomi besar ini akan didanai oleh Dana Investasi Publik dan sektor swasta Saudi, sedangkan sisanya melalui stimulasi modal asing dari negara-negara Teluk dan semua negara dunia.

Mereka diundang berinvestasi di sektor-sektor yang menjanjikan dan efisien, sebagaimana Saudi telah mencanangkan pemberdayaan energi terbarukan dan revolusi industri keempat dalam bidang pariwisata, transportasi, hiburan dan olahraga.

Dalam sesi dialog Forum Ekonomi Dunia tersebut, MBS mengulas pencapaian Saudi sejak pengumuman Visi 2030. Seperti keberhasilan melipatgandakan income nonmigas, pemberdayaan perempuan di pasar tenaga kerja, serta meningkatkan tingkat daya saing di lingkungan bisnis, dan mengaktifkan peran IMF.

Selain itu, investasi publik, peningkatan signifikan yang dilakukan dalam perlindungan lingkungan, dan inisiatif Kerajaan terkait ekonomi karbon sirkuler, yang disetujui oleh KTT G20.

Pencapaian Saudi tersebut sesuai dengan Visi 2030 dalam transformasi dan reformasi yang cepat dalam empat tahun terakhir. Iklim ini diperkirakan akan berlipat ganda dalam sepuluh tahun ke depan.

MBS juga menegaskan meksipun di tahun 2020 penuh dengan tantangan, Saudi tetap siap dengan transformasi yang diluncurkan beberapa tahun lalu, yang membawa semua poros negara ke dimensi baru.

Menurut MBS, peran Saudi tetap konsisten dalam mempromosikan pembangunan, mendukung stabilitas kawasan dan mengatur pasokan energi global, serta meningkatkan kerja sama ekonomi.

The World Economic Forum didirikan pada tahun 1971 di kota Jenewa Swiss sebagai organisasi non-pemerintah internasional dan bertujuan untuk memperbaiki keadaan dunia dengan memperkuat kerja sama antara sektor publik dan swasta.

Forum tersebut juga berupaya melibatkan para pemimpin politik dan sektor swasta yang paling terkemuka bertujuan membentuk agenda internasional, regional dan industri. alriyadh

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait