MBS Ungkap 4 Sumber Tingkatkan Aset PIF Dari $400 Miliar Menjadi $1 Triliun

MBS Ungkap 4 Sumber Tingkatkan Aset PIF Dari $400 Miliar Menjadi $1 Triliun

Dalam wawancara selama Future Investment Initiative (FII), Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhammad bin Salman (MBS), ungkap 4 sumber daya yang mampu tingkatkan aset Dana Investasi Publik (PIF) dari $ 400 miliar menjadi $ 1,1 triliun pada beberapa tahun mendatang.

Sumber pertama adalah banyaknya tanah yang terdaftar di PIF dengan penilaian nol, seperti tanah NEOM, proyek Amala, Laut Merah, Qiddiya dan lusinan aset real estate.

Sumber kedua adalah melalui penawaran saham Aramco di tahun-tahun mendatang yang akan menstimulus uang tunai ditransfer ke PIF.

Ketiga adalah proyek privatisasi yang sangat besar, sehingga revenue akan memompa meningkatkan aset PIF. Dan keempat, pertumbuhan alami dari keuntungan Reksa Dana Publik.

85% Ekonomi Dunia Berasal Dari Kota
MBS juga menjelaskan bahwa 85% ekonomi dunia berasal dari kota, sehingga ekonomi global bukan berbasis negara, tetapi berbasis kota.

Sebagai contoh, MBS mengatakan bahwa kota Riyadh menyumbang 50% perekonomian non-migas di Arab Saudi.

MBS juga mengatakan bahwa kota-kota adalah poros utama pembangunan, “kami akan meluncurkan strategi kota Riyadh, Makkah, Wilayah Timur, Asir dan semua wilayah sesuai dengan peluang dan kemungkinan di dalamnya,” paparnya.

Dia menambahkan bahwa Riyadh menciptakan 30% lapangan pekerjaan dan 45% perekonomian Kerajaan Arab Saudi.

“Kami segera akan umumkan kota industri terbesar di dunia di Riyadh,” kata MBS, dengan menunjukkan bahwa infrastruktur di Riyadh sangat mengesankan, hasil dari apa yang dilakukan Raja Salman yang saat itu menjadi gubernurnya, selama lebih dari 55 tahun.[]

Ditulis oleh: News Admin