Saudi Mulai Tahap Pertama Uji Klinis Vaksin Corona Temuannya

  • 11 Februari 2021
  • 420 views
Saudi Mulai Tahap Pertama Uji Klinis Vaksin Corona Temuannya

Sebuah universitas di Arab Saudi telah memulai tahap pertama uji klinis untuk memproduksi vaksin COVID-19 lokal dengan dukungan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi.

Universitas Imam Abdul Rahman bin Faisal (UIAR) mulai melakukan uji coba minggu ini, setelah vaksin temuannya membuktikan kemanjurannya melawan virus corona, sebagaimana laporan AlArabiya.

Pihak Universitas juga menandatangani kontrak dengan salah satu perusahaan khusus terbesar di Inggris dan Swedia, serta bekerja sama dengan perusahaan terkemuka, seperti AstraZeneca, untuk membuat dosis yang cukup untuk digunakan pada fase pertama uji klinis.

Tahapan uji coba meliputi: fermentasi, penilaian risiko, keamanan dan kualitas bahan plasmid, sera tahap produksi batch vaksin pertama.

UIAR menandatangani kontrak terpisah dengan sebuah pusat yang khusus dalam melakukan uji klinis, sehingga tim peneliti juga dapat mempersiapkan dan mengawasi proyek.

Pusat ini juga akan membantu menyediakan sukarelawan untuk berpartisipasi dalam uji coba, serta melakukan semua tes yang diperlukan untuk menilai tingkat kekebalan yang diberikan oleh vaksin.

Langkah tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya Kerajaan Arab Saudi untuk memberantas pandemi COVID-19.

Arab Saudi sejauh ini melaporkan 362.368 kasus virus corona dan 6.415 kematian terkait virus.[alarb]

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait