Sufisme Daulah Utsmaniyah: Akar Permusuhan Terhadap Dakwah Tauhid

  • 19 Februari 2021
  • 2,410 views
Sufisme Daulah Utsmaniyah: Akar Permusuhan Terhadap Dakwah Tauhid

Apa paham agama yang dipraktekkan Daulah Utsmaniyah sejak awal berdiri hingga keruntuhannya?

Sejarawan terkemuka Turki, Yalmaz Oztona, menjawab dalam bukunya “Tarikh Ad Daulah Al Utsmaniyyah,” bahwa tasawuf merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang-orang Utsmani.

Ketika mereka meninggalkan berhala dan memeluk Islam, yang mereka anut adalah thariqah sufiyyah dengan berbagai khurafat-nya.

Tariqah resmi yang dianut Turki Utsmani adalah Bikhtisyiah, Kemunculannya sangat erat terkait dengan Syaikhnya, Umar Haji Baktash.

Ajaran Bikhtisyiah menarik kaum Nasrani di Balkan untuk memeluknya, karena dianggap ada kemiripan dan tidak bertentangan dengan keyakinan mereka sebelumnya.

Seperti tidak mengharuskan shalat dan puasa atau tidak ada larangan meminum khamr. Bikhtasyiah juga menganut trinitias, yaitu Allah, Muhammad dan Ali. Sementara ritual pengakuan dosa kepada para pemuka agamanya, Baba.

Sinkretisme dari berbagai macam agama dan keyakinan kuno, yang terbesar adalah pengaruh Syiah, sebagaimana yang diakui oleh sejarawan Turki, Khalil Inalcik (1916-2016).

Sejarawan terkemuka Turki lainnya, Muhammad Fuad Karbelli, dalam bukunya “Qiyam Daulah Utsmaniyyah” mengingatkan hal ini, dengan mengatakan:

“Ketika itu terbentuk dari tradisi pagan Turki kuno, dari akidah golath Syiah disederhanakan dengan cara yang populer, dan dari beberapa kepercayaan lokal terdahulu, semuanya dibungkus dalam sufisme.”

Inilah sumber ajaran yang kemudian hari melakukan pendudukan ke tanah Arab dan memerangi Kerajaan Arab Saudi pertama hingga akhirnya terusir oleh penguasa Hijaz.

Ketika Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, muncul di awal 1700-an dan memulai berdakwah, menyeru kembali ke ajaran Islam, Turki Utsmani terganggu, sehingga memunculkan stigma “Wahabisme.”

Inilah para sultan Daulah Utsmaniyah yang terkenal sebagai penganut sufisme dan akar permusuhan terhadap dakwah tauhid:

Ditulis oleh: News Admin