Pemerintah Yaman: Houtsi Gunakan Warga Sipil Sebagai Tameng Manusia

  • 20 Februari 2021
  • 207 views
Pemerintah Yaman: Houtsi Gunakan Warga Sipil Sebagai Tameng Manusia

Pemerintah Yaman membenarkan bahwa milisi Houtsi menggunakan warga sipil sebagai “tameng manusia” saat melakukan serangan ke Gubernuran Marib, yang terletak 120 KM di timur ibu kota, Sana’a.

Dua pejabat militer mengatakan kepada “Agence France Presse” Sabtu (20/2), bahwa Houtsi menggunakan orang-orang terlantar di kamp Al-Zour di daerah Serwah Marib sebagai “perisai manusia.”

Mereka juga memastikan bahwa pertempuran terus berlanjut, menambahkan bahwa 12 pejuang dari pasukan pemerintah Yaman dan 20 anggota milisi tewas dalam bentrokan selama 24 jam terakhir di utara dan barat Marib.

Takut Pengungsi
Patut dicatat bahwa pertempuran di kota, yang terletak di dekat beberapa ladang minyak terkaya Yaman, telah memperburuk kekhawatiran akan keselamatan ratusan ribu warga sipil terlantar yang berlindung di kamp-kamp di gurun sekitar.

Komite Palang Merah Internasional mengungkapkan “keprihatinan yang besar” tentang meningkatnya kekerasan di Marib. “Komite Palang Merah Internasional mendesak agar semua tindakan yang mungkin diambil untuk melindungi warga sipil, properti dan semua infrastruktur sipil yang penting,” katanya di Twitter.

Sementara itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan kemungkinan bencana kemanusiaan di Yaman. Utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths, mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa apa yang terjadi di Yaman “membahayakan jutaan warga sipil, terutama dengan datangnya pertempuran ke kamp pengungsian.” [alhadath]

Ditulis oleh: News Admin