Unduh Koleksi Kitab Kuning Digital Terlengkap di Komputer Anda

  • 10 Maret 2021
  • 912 views
Unduh Koleksi Kitab Kuning Digital Terlengkap di Komputer Anda

Penuntut ilmu kini semakin dimudahkan untuk membaca kitab kuning klasik karya ulama terdahulu, dengan hadirnya versi digital dalam program Maktabah Syamilah.

Sebagai software atau perangkat lunak berbasis microsoft windows untuk membaca teks (reader), program ini berfungsi sebagaimana arti namanya.

Maktabah artinya perpustakaan, sedangkan Syamilah artinya lengkap. Dengan kata lain, Maktabah Syamilah ini semacam perpustakaan digital islami (Islamic Digital Library) terdiri dari kumpulan kitab lengkap.

Semenjak dikembangkan tahun 2005, Muassasah Maktabah Syamilah mulai akrab sebagai altenartif membaca buku cetak.

Program ini dianggap sebagai aplikasi kitab kuning terbaik hingga saat ini. Menariknya, semua isinya dapat diunduh secara gratis di website resminya, shamela.ws.

Software Maktabah Syamilah hanya dapat berfungsi pada sistem operasi Windows 7 ke atas. Dalam beberapa bulan ke depan akan dikembangkan versi untuk Linux dan Mac, insyaAllah.

BACA: Daftar Kitab Rujukan

Penjelasan Umum Maktabah Syamilah
Software ini hanya dapat diisi dengan data kitab yang dikeluarkan oleh shamela.ws dengan format khusus untuk software ini. Proses update kitab dapat dilakukan secara langsung.

Proses pengumpulan kitab yang beredar saat ini akan terus dilakukan baik yang telah berbentuk format untuk software ini, word, dan lainnya sebagai bahan untuk update kitab pada software.

Penambahan kitab baru serta revisi dan ulasan buku hanya untuk versi 4.0 ini dan bukan untuk versi lama.

Jika ada evaluasi takhrij hadits, penafsiran, dan profile, akan segera dirilis setelah melalui proses penelitian dan verifikasi yang ketat, insyaallah.

Proses download kitab akan berjalan di dalam aplikasi Maktabah Syamilah yang telah terinstal. Proses download kitab akan selesai secara otomatis.

Ketika membuka software perpustakaan digital ini pertama kali setelah proses instalasi akan membutuhkan waktu beberapa saat. Ini hanya berlaku saat pertama kali membuka setelah instalasi selesai.

Jumlah Kitab Dalam Maktabah Syamilah
Perpustakaan digital Maktabah Syamilah terbaru ini adalah versi 4.0. Keluar pada 25 Maret 2020. Terakhir update Ramadhan 1441 atau Mei 2020. Total jumlah kitab sebanyak 7.533 kitab.

Untuk lebih detail cara instalasi dan penggunaannya bisa diikuti pentunjuknya, KLIK DI SINI.

Sumber: www.dakwah.id

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait

Perpustakaan Pak Ustadz

Dikisahan: pada suatu hari Abdullah bin Ahmad al-Khasyab berniat membeli buku-buku penting seharga lima ratus  dinar,