Ujian Kualifikasi Pekerjaan di Arab Saudi Akan Dimulai Bulan Juli

  • 15 Maret 2021
  • 693 views
Ujian Kualifikasi Pekerjaan di Arab Saudi Akan Dimulai Bulan Juli

Ujian kualifikasi untuk pekerjaan di Arab Saudi akan dimulai pada bulan Juli. Program Verifikasi Profesional dilaksanakan oleh Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Saudi bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Badan Pelatihan Kejuruan Teknis.

Di bawah skema tersebut, pekerja terampil asing harus membuktikan keterampilan mereka untuk dapat terus bekerja di Arab Saudi.

Orang asing yang saat ini bekerja di Arab Saudi harus membuktikan melalui tes teori dan praktik bahwa mereka memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan yang tercantum di iqomah pasarmereka.

Pendatang baru di Arab Saudi diharuskan untuk mengajukan visa kerja hanya setelah lulus Ujian Keterampilan Kejuruan yang dilakukan di pusat ujian internasional terpilih di negara asal mereka. Begitu tiba Arab Saudi, mereka tidak perlu mengikuti lagi ujian.

Tujuan dari skema ini adalah untuk meningkatkan kualitas pasar tenaga kerja dan mengontrol jumlah pekerja tidak terampil. Langkah ini akan memulai ujian mulai Juli mendatang.

Sebelumnya, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial menginstruksikan institusi Saudi untuk mempersiapkan pekerja yang saat ini bekerja di Arab Saudi untuk menghadapi ujian.

Pemberi kerja dapat memilih institusi tempat pekerja ingin mengikuti ujian melalui situs web SVP.QIWA.SA. Institusi yang tertarik mengikuti ujian juga dapat mendaftar di situs web yang sama.

Dipekirakan, ada lebih dari seribu profesi di 23 bidang yang harus lulus ujian. [LoSA]

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait