Arab Saudi Bangun Pabrik Drone Ke-3 Bersama Cina

  • 26 Maret 2021
  • 605 views
Arab Saudi Bangun Pabrik Drone Ke-3 Bersama Cina

Setelah Saqr dan al-Eqab, pertahanan Saudi segera membangun industri drone yang ketiga bersama dengan Cina.

Keluarga drone ini telah dikembangkan menjadi Saqr 1, 2, dan 4, sejak tahun 2000 oleh King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST).

Sedangkan model al-Eqab telah di-upgrade, merupakan pengembangan drone serang (UCAV). UCAV kelas berat ini pernah dipamerkan di ajang IDEX 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, tahun lalu.

Pabrik drone kedua adalah Prince Sultan Defense for Studies and Research Center. Di antara produknya yang telah launching adalah drone SH-01.

Penghujung tahun lalu, Markaz Amir Sultan, telah berhasil melakukan uji coba drone terbarunya, dilengkapi sistem yang mampu melawan pesawat tak berawak.

Proyek produksi drone ketiga dengan menggandeng Cina. Meski disinyalir telah dimulai sejak musim panas 2018 lalu, pabrik ini akan dibangun di Arab Saudi dengan lokalisasi komponen.

Menurut seorang analis AS yang dikutip spectator, Cina telah menjual drone-nya ke Arab Saudi dan UEA, dan Arab Saudi telah menggunakan drone ini dalam perang menumpas pemberontak Houtsi di Yaman.

Dalam beberapa tahun terakhir, Cina meningkatkan hubungan dengan negara-negara Teluk, yaitu di bidang tenaga nuklir, teknologi drone, dan berbagai proyek infrastruktur.

Cina saat ini siap memanfaatkan bisnis di Teluk yang memiliki implikasi bagi keamanan nasional yang serius bagi Amerika Serikat, tulis spectator.

Dengan Visi 2030, Arab Saudi melokalkan berbagai komponen industri militer. Seperti jet latih Hawk Mk 165 Advanced Jet Trainer (AJT).

Pesawat rancangan BAE System, Inggris tersebut dirakit sepenuhnya di Arab Saudi oleh generasi muda Arab Saudi.

Sekira 70 persen dari pengerjaan perakitan pesawat ini dilakukan oleh generasi muda Arab Saudi.

Tonton penerbangan uji coba Hawk Mk 165 rakitan Saudi:

*) Diolah dari spectator, airspace-review, saudi-power, صناعات العسكرية

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait