Kandungan Gizi Kacang-kacangan Makanan Oleh-oleh Jemaah Haji dan Umrah

  • 29 Maret 2021
  • 218 views
Kandungan Gizi Kacang-kacangan Makanan Oleh-oleh Jemaah Haji dan Umrah

Kacang-kacangan biasanya menjadi makanan oleh-oleh jemaah haji dan umrah dari Tanah Suci Makkah. Warga Arab juga banyak mengosumsinya sehari-sehari. Berikut beberapa jenis kacang-kacangan dan manfaatnya.

Banyak orang yang keliru dan tidak membedakan jenis lemak dengan menganggap lemak dan minyak secara umum berbahaya.

Padahal sebenarnya ada lemak baik yang mengandung asam lemak tak jenuh atau tunggal, yang bisa didapati di kacang-kacangan.

Meskipun mengandung lemak, namun juga mengandung lemak bermanfaat seperti omega-3, dan kaya akan komponen bermanfaat lainnya seperti protein, mineral dan vitamin,.

Maka tidak heran, manfaat kacang-kacangan berkontribusi pada kesehatan tubuh, kulit dan juga kecantikan.

Kacang bukan hanya makanan yang memakan waktu, juga bukan isian yang lezat untuk makanan penutup oriental yang menggugah selera.

Kacang-kacangan juga dapat menjadi makanan bermanfaat yang mempengaruhi kesehatan tubuh, jika mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan teratur.

Jenis kacang-kacangan berbeda-beda, begitu juga dengan manfaat dan zat penting yang dikandungnya. Di antara jenis kacang-kacangan terpenting dan paling mudah didapati, serta bermanfaat bagi tubuh manusia:

Kacang Kenari الجوز (عين الجمل)
Kenari kaya akan lemak tak jenuh dan omega-3 yang penting untuk kesehatan saraf, jantung dan arteri, dan untuk beberapa fungsi vital dalam tubuh.

Kenari juga mengandung serat makanan yang membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dan mineral penting untuk tubuh.

Yang terpenting adalah: kalium, magnesium, selenium, seng, asam folat dan vitamin B membantu mengontrol kadar gula darah, meningkatkan pengiriman nutrisi dan oksigen ke sel, dan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit.

Hasil studi para ilmuwan University of Illinois menunjukkan bahwa segenggam kenari setiap hari dalam waktu enam minggu mengurangi produksi kolesterol berbahaya dan asam empedu, yang membantu melindungi dari penyakit jantung dan kanker usus.

Nilai gizi: 550-690 kalori per 100 gram.

Kenari banyak didapati di negara Persia, juga banyak dibawa ke Suriah, cekungan Mediterania dan Eropa sejak zaman Romawi.

Kenari juga tumbuh di Cina, Afghanistan, Armenia, Krimea dan Semenanjung Balkan. Budidaya kenari telah berpindah dari Italia ke Spanyol, Perancis dan Jerman, serta negara-negara Eropa.

Almond (اللوز)
Almond mengandung lebih banyak kalsium daripada semua kacang lainnya yang penting untuk membangun tulang.

Kulit almond mengandung antioksidan penting untuk meningkatkan kesehatan jantung dan arteri.

Almond juga kaya akan vitamin E, yang baik untuk menjaga kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan dan kerutan.

Almond mengandung banyak mineral, termasuk kalium, magnesium, seng, folat, vitamin C dan K, yang penting untuk proses vital dalam tubuh. Juga mengandung serat makanan dan protein, yang membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

Nilai gizi: mengandung 597 kalori per 100 gram.

Rumah asli almond adalah negeri Syam dan Turki, ditanam di banyak tempat di seluruh dunia, termasuk negara-negara Afrika Utara, Spanyol, Australia, Arab Saudi dan Yaman. Sebagian besar produksi almond di dunia berasal dari California, AS.

Kacang Tanah الفول السوداني (فستق العبيد)
Kacang tanah bebas kolesterol, yang menjadikannya salah satu minyak paling sehat untuk pasien penyakit kardiovaskular, selain kandungan minyak tak jenuh dan sterol nabati yang berkontribusi menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh.

Kacang tanah mengandung polifenol tingkat tinggi, yang merupakan antioksidan yang melawan radikal bebas dan melindungi dari berbagai penyakit, terutama kanker.

Makan kacang tanah memberikan kontribusi untuk meningkatkan kecantikan kulit berkat kandungan vitamin kecantikan yang tinggi dan vitamin E anti kerut, di samping sekelompok minyak yang berguna dalam meregenerasi sel kulit dan menjaga kelembapannya.

Resveratrol pada kacang juga menetralkan kadar hormon dalam tubuh, yang membantu menurunkan tekanan darah.

Kacang mengandung antioksidan dan lemak bermanfaat, yang membantu melindungi saraf dan merusaknya seiring bertambahnya usia. Beberapa penelitian telah menemukan peran makan kacang dalam mencegah risiko pengembangan Alzheimer, demensia, dan gangguan lainnya.

Nilai gizi: Mengandung 600 kalori per 100 gram.

Kacang tanah muncul untuk pertama kalinya di Argentina, tetapi asal muasalnya banyak di benua Amerika Selatan, di mana fosil kacang ditemukan di antara pengaruh suku Inca di Peru.

Brasil dianggap sebagai salah satu negara terkemuka dan rumah asli kacang. Kemudian menyebar ke seluruh benua di dunia setelah masuknya orang Spanyol ke Amerika Selatan dan memindahkannya ke Afrika.

Kacang tanah disebut juga itu disebut “budak pistachio” terkait dengan budak Afrika saat banyak ditanam di Afrika dan pindah ke banyak negara yang sekarang terkenal sebagai penghasil tanaman ini.

Di antara negara-negara terpenting yang unggul dalam produksinya adalah: Argentina, Brasil, Senegal, Afrika Selatan, serta Cina, India, AS, Sudan, Malawi dan Nigeria.

Kacang Mente (الكاجو)
Kacang mete merupakan sumber protein dan banyak mineral yang baik, yang terpenting adalah zat besi dan seng.

Direkomendasikan bagi yang menderita anemia dan dapat membantu para vegetarian untuk mendapatkan kebutuhan mineralnya setiap hari, seperti magnesium dan antioksidan yang membantu menjaga memori dan memerangi Alzheimer.

Kacang mente sangat penting dalam menjaga kecantikan kulit, rambut dan warna rambut, karena mengandung tembaga yang merangsang beberapa enzim penting.

Kacang mete juga membantu menurunkan berat badan jika dimakan sebagai bagian dari diet kalori yang sehat, karena kaya akan protein dan serat membuatnya berperan dalam meningkatkan perasaan kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Nilai gizi: 163 kalori per 28 gram.

Pohon jambu mete merupakan salah satu pohon yang mempertahankan kehijauannya sepanjang tahun dan mampu mengatasi sebagian besar kondisi cuaca.

Biji Labu (بذور اليقطين)
Biji labu mengandung 30% -35% lemak tak jenuh, kalsium, zat besi, vitamin B, terutama seng, yang membantu dalam kasus pembesaran prostat dan meningkatkan kualitas sperma pada pria, yang mengurangi risiko kemandulan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa mengonsumsi biji labu kuning dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, terutama bagi wanita pascamenopause.

Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa biji labu dapat menurunkan kadar gula yang tinggi dalam tubuh, terutama bagi mereka yang menderita diabetes atau memiliki masalah dalam mengontrol kadar gula mereka.

Diantara khasiat biji labu kuning adalah untuk meningkatkan daya ingat, menyembuhkan luka, memperbaiki sel kulit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Nilai gizi: Mengandung 565 kalori per 100 gram.

Illinois adalah kota penghasil labu terbesar di dunia. Oleh karena itu, disebut “ibu kota labu” karena berhasil memproduksi antara 90 dan 95 persen produksi labu di Amerika Serikat.

Labu tumbuh di enam dari tujuh benua. Ini sangat populer di Meksiko, di mana orang-orang menanamnya sendiri, selain di Amerika.

Kacang Hazel (البندق)
Berguna untuk meningkatkan laju sekresi hormon kebahagiaan tubuh, yang melindungi orang dari depresi mental dan penyakit mental lainnya.

Selain juga dapat melindungi seseorang dari diabetes, dan menjaga kesehatan pankreas.

Kacang hazel mengandung sejumlah besar asam lemak yang menyehatkan otak, dan melindungi orang dari penyakit memori, dan penyakit Alzheimer yang berbahaya.

Selain juga dapat melindungi seseorang dari jantung dan pembekuan otak yang fatal. Hazelnut membantu mengurangi paparan manusia terhadap pilek, asma, pilek, dan influenza selama musim dingin.

Manfaat lainnya, dapat melindungi seseorang dari penyakit radang sendi, dan rematik. Juga memberi perasaan kenyang selama berjam-jam sepanjang hari, yang membantu mengurangi nafsu makan dan menyingkirkan masalah kelebihan berat badan.

Nilai gizi: Mengandung 848 kalori per 135 gram.

Kacang hazel tumbuh di sebagian besar daerah beriklim sedang, yang terletak di utara khatulistiwa, di Jepang, Cina, Eropa Amerika Utara dan Afrika Utara.

Habitat aslinya diyakini terletak di beberapa wilayah Asia Kecil di dekat laut Hitam.

Meskipun banyak faedah dari kacang-kacang di atas, sebaiknya Anda tetap mengonsumsinya setiap hari dalam jumlah sedang tanpa berlebihan. Agar dapat menjaga kesehatan dan melindungi diri dari berbagai penyakit berbahaya. [arabistgroup]

Ditulis oleh: admin