Raja Salman Manjakan Dunia Pendidikan dan Rakyatnya

  • 11 April 2021
  • 395 views
Raja Salman Manjakan Dunia Pendidikan dan Rakyatnya

Sekira 2 minggu yang lalu, Raja Arab Saudi mengeluarkan dekrit bahwa semua proses belajar mengajar (termasuk ujian) di sekolah dan universitas harus diselesaikan sebelum 10 hari terakhir Ramadan.

Serta merta keputusan ini disambut gembira terutama para murid dan mahasiswa.

Bagi dosen, berarti materi perkuliahan harus segera diakhiri meskipun baru 12 minggu mengajar atau belum cukup 14 minggu.

Di sisi lain, keputusan ini menggembirakan karena Kerajaan menambah masa liburan musim panas termasuk libur Idul Fitri dan Idul Adha.

Kali ini Kerajaan memberikan libur musim panas lebih panjang bagi murid dan mahasiswa termasuk guru dan dosen.

Libur sudah bisa dimulai seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri, yaitu bermula 6 Mei 2021 sampai 22 Agustus 2021.

Berarti liburan kali ini selama 3,5 bulan bagi guru dan dosen, untuk murid dan mahasiswa akan lebih panjang lagi. Pemerintah seperti memahami keinginan sebagian besar masyarakat.

Bagi yang akan melakukan perjalanan jauh di masa pandemi tentu memerlukan persiapan lebih panjang termasuk prosedur karantina, vaksin dan lain-lain.

Lebih menakjubkan lagi meskipun tidak bekerja (liburan) selama 3,5 bulan, namun gaji setiap bulan tetap diberikan seperti biasa.

Bahkan bagi dosen yang ingin tetap disini pada libur musim panas dan bersedia mengajar 2 mata kuliah selama 2 bulan maka akan diberikan bonus tambahan 2 bulan remunerasi.

Selain itu, sebagai profesor asing, tiket pesawat kelas bisnis pulang pergi ke kampung halaman bagi anggota keluarga tetap diberikan seperti biasa meskipun tiket pesawat liburan tahun lalu belum juga digunakan karena tidak bisa pulang.

Masyaa Allah Tabarakallah. Alhamdulillah.

Sebagai dosen asing saja ikut merasakan berbagai manfaat dan fasilitas yang diberikan oleh Kerajaan, apalagi warga negaranya.

Jangan dibayangkan seperti di Tanah Air, umumnya warga negara di sini mendapatkan benefit yang lebih baik dari pada pekerja asing untuk posisi yang sama.

Maka amatlah wajar jika Raja sangat dihormati dan dicintai karena paham betul apa yang diinginkan rakyatnya. Barakallah.

*) Tulisan asli berjudul “Pemerintah, Dosen, Mahasiswa dan Rakyat,” oleh Anton Satria Prabuwono, Professor di King Abdulaziz University, dengan perubahan seperlunya.

Ditulis oleh: News Admin