Warga dan Ekspatriat Saudi Bertambah Kedermawanannya di Bulan Ramadhan

  • 16 April 2021
  • 1,367 view
Warga dan Ekspatriat Saudi Bertambah Kedermawanannya di Bulan Ramadhan Sumber Foto (kiri): rasilnews

Tradisi memberi di Kerajaan Arab Saudi dilpatgandakan di bulan Ramadhan. Khadimul Haramain tampaknya memahami kemuliaan bulan Ramadhan ini tidak ingin disia-siakan tanpa sedekah.

Tampaknya bukan hanya rajanya, tetapi warga dan ekspatriat Saudi juga ingin meniru akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai orang yang paling dermawan.

Dan kedermawanan beliau lebih dahsyat lagi ketika Ramadhan. Sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

 كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة 

Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi ketika Ramadan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Alquran. Dan kedermawanan Rasulullah ﷺ melebihi angin yang berhembus.” [HR. Bukhari, no.6].

Berbagi sedekah telah menjadi tradisi Saudi setiap tiba bulan Ramadhan. Ribuan ton kurma, sembako dan paket berbuka puasa dibagikan ke seluruh penjuru dunia.

Melalui kedutaan besar dan pusat Islam (Islamic Cultural Center) yang dibina oleh Kerajaan Arab Saudi di seluruh dunia, bantuan tersebut disalurkan.

Di dalam negeri Saudi, warga pribumi dan warga asingnya juga saling berlomba memberikan sedekah terbaiknya.

Dua tahun lalu sebelum pandemi, masjid-masjid di setiap ujung jalan perumahan kota Saudi menyediakan ifthor shoim.

Tak kalah juga tenda-tenda berbuka puasa didirikan di lapangan-lapangan kosong, menyediakan buka puasa.

Yang menyalurkan menu berbuka tidak hanya warga pribumi, tetapi juga ekspatriat saling berlomba menyediakan ifthor.

Untuk tahun ini, di Masjidil Haram, menu buka puasa dibagikan secara tertutup, paket dibungkus tertutup dengan aman. Menghindari penyebaran infeksi covid-19.

Beberapa lembaga amal sosial bekerja sama dengan restoran terkenal, seperti ayam goreng Al-Baik yang populer, untuk menyalurkan buka puasa.

Di bawah ini iklan ajakan kepada siapa saja yang ingin berbagi buka puasa di Masjidil Haram, orang yang membutuhkan dan sekaligus disisihkan untuk wakaf pembangunan gedung di Makkah :

Selain berbentuk makanan, Komplek Percetakan Al-Quran Raja Fahd juga membagikan lebih dari 1 juta mushaf dengan terjemah 21 bahasa dunia. Mushaf tersebut dibagikan ke lebih dari 29 negara dunia.

Ditulis oleh: News Admin