Ekspatriat Mulai Bisa Terbitkan Visa Re-Entry dan Final Exit Secara Mandiri

Ekspatriat Mulai Bisa Terbitkan Visa Re-Entry dan Final Exit Secara Mandiri

Direktorat Paspor mulai mengizinkan ekspatriat untuk menerbitkan visa Re-Entry dan Final Exit secara mandiri melalui Absher.

Pekerja asing di Arab Saudi kini dapat merilis sendiri visa Re-Entry dan Final Exit sendiri melalui portal Absher Kementerian Dalam Negeri. Meskipun, saat ini sedang dalam percobaan.

Untuk merealisasikannya, Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) berkoordinasi dengan Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial.

Langkah Ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah Saudi untuk meningkatkan hubungan kontrak antara penyedia kerja dan karyawan di sektor swasta.

Tujuannya untuk memberdayakan dan mengembangkan kompetensi sumber daya manusia dan lebih meningkatkan lingkungan kerja.

Sebelumnya, kewenangan untuk mengeluarkan kedua visa tersebut, dibatasi hanya oleh pemberi kerja (sponsor atau majikan).

The landmark Labor Reform Initiative (LRI) yang mulai berlaku pada 14 Maret ini, mendorong peningkatan hubungan kontrak antara penyedia kerja dan karyawan.

Proses rilis visa tersebut dapat dilakukan oleh ekspatriat dengan mengajukan permohonan dan harus menunggu selama 10 hari.

Setelah genap hari ke-10, ekspatriat memiliki waktu 5 hari, dari hari ke-11 dan seterusnya, untuk mendapatkan visa yang dikeluarkan sebelum masa berlaku aplikasi visa berakhir.

Jika sponsor berkeberatan atas permintaan visa karyawannya, maka akan dipelajari dan keputusan akan diambil oleh Kementerian Sumber Daya Manusia, dalam jangka waktu maksimal 10 hari yang dihitung sejak tanggal pengajuan visa.

5 Syarat Untuk Mendapatkan keuntungan dari layanan

Berdasarkan Absher, ada lima syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan manfaat dari layanan secara umum.

  1. Sponsor dan pekerja tidak boleh tercatat dalam salah satu kondisi kematian (meninggal), kaburan dan pelanggaran perekrutan.
  2. Pekerja tidak memiliki tunggakan pelanggaran lalu lintas.
  3. Pekerja memiliki visa yang masih valid.
  4. Pekerja berada di dalam Arab Saudi saat pengajuan.
  5. Izin menetap (iqamah) dan paspor pekerja masih berlaku.

Syarat Visa Re-Entry dan Final Exit

Untuk merilis visa, iqamah ekspatriat masih berlaku dalam 3 bulan mendatang, periode visa berlaku tidak lebih dari 30 hari, persetujuan, pembayaran oleh ekspatriat serta bertanggung jawab jika terjadi pelanggaran kontrak.

Layanan baru ini, akan tersedia melalui platform online Absher dan Qiwa. Berlaku untuk semua pekerja asing di sektor swasta, kecuali lima profesi: sopir pribadi (saiq khosh), penjaga keamanan (al-haris), pekerja rumah tangga (al-umalah al-manziliyah), penggembala (al-zaari’, dan tukang kebun (al-bustani, al-fallah).

Cara Merilis Visa Re-Entry dari Absher

  • Kunjungi situs web Absher: https://absher.sa/
  • Akses akun Absher Anda (log in)
  • Pilih “Services” dari menu “My Services
  • Pilih “Passports.”
  • Pilih “Visa Requests
  • Kemudian klik “Create Visa Request
  • Pilih Jenis Permintaan “Exit Re-Entry Visa (Single)
  • Di kolom “Return Before” masukkan jumlah hari yang dibutuhkan (Maksimum 30 hari)
  • Tandai perjanjian dengan cek
  • Pilih “Next
  • Klik “Confirm” untuk menyelesaikan permintaan visa Anda

Setelah permintaan selesai, tunggu 10 hari. Setelah hari ke-10, Anda memiliki waktu 5 hari yang dimulai pada hari ke-11 untuk menerbitkan visa visa Re-Entry sebelum kadaluwarsa.

Jika sponsor berkeberatan, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Sosial Pengembangan akan mempelajari dan membuat keputusan dalam 10 hari dari tanggal visa diajukan.[]

Ditulis oleh: News Admin