Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penyelenggaraan Haji dan Umrah

  • 16 Mei 2021
  • 440 views
Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penyelenggaraan Haji dan Umrah

Tahukah Anda bahwa Arab Saudi merupakan salah satu negara perintis dalam implementasi teknologi komunikasi selular 5G?

Di Saudi, hampir 2 tahun sudah menggunakan 5G. Mungkin banyak yang tidak aware dengan hal ini.

Di antara negara yang sudah menggunakan teknologi 5G, Arab Saudi termasuk dalam “Top Ten” dari segi kecepatan internet. Bahkan nomor 1 untuk kategori kecepatan “5G Peak Download”.

Selain itu, Saudi ini juga menduduki peringkat 5 dari jumlah kota yang sudah dicover oleh jaringan 5G, hanya di bawah Korea Selatan, China, USA, dan UK.

Sehingga tidaklah mengherankan kalau Saudi banyak menggunakan aplikasi selular terintegrasi untuk berbagai layanan, termasuk penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Jamaah diharapkan terkoneksi dengan jaringan internet kecepatan tinggi, sehingga lebih mudah dalam mengakses layanan yang tersedia. Ini juga terkait dengan monitor dan kontrol pergerakan jamaah.

Nantinya, akan terhubung dengan akses hotel, restoran, dan premis lain termasuk transportasi bus dan kereta api super cepat Mekkah-Madinah.

Juga akan ada e-translator berbasis pengenalan suara, untuk memudahkan jamaah dalam berkomunikasi secara lisan walaupun tidak paham bahasa Inggris ataupun bahasa Arab. Termasuk proyeksi penggunaan smartwatch yang akan membantu banyak aktivitas.

Bagi jamaah Indonesia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di Tanah Air masih terdapat SIM Card 3G dan ini tidak bisa digunakan lagi di Arab Saudi. Jadi pastikan kalau SIM Card sudah ditukar minimal 4G.

Device juga begitu, usahakan menggunakan smartphone minimal teknologi 4G, lebih optimal jika 5G. Smartphone lama dengan teknologi 3G sudah tidak bisa digunakan untuk mengakses internet di Arab Saudi.

Sistem operasi Android maupun IOS sebaiknya menggunakan versi terkini. Android atau IOS versi lama tidak bisa digunakan untuk menginstall beberapa aplikasi selular bagi keperluan umrah dan haji.

Jadi, aspek teknologi pun perlu dipersiapkan dengan baik supaya tidak mengalami kendala dalam melaksanakan ibadah. Insyaa Allah.

*) Dikutip dari tulisan Prof Anton Satria P.

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait