Arab Saudi Belum Umumkan Secara Resmi Kuota Haji Tahun 2021

  • 24 Mei 2021
  • 1,332 view
Arab Saudi Belum Umumkan Secara Resmi Kuota Haji Tahun 2021

Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi sampai hari ini belum mengumumkan kuota untuk pelaksanaan musim haji tahun 2021.

Hal ini sebagaimana yang terungkap dari penegasan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel dalam keterangan tertulisnya.

“Saat ini telah beredar di berbagai media massa nasional di Indonesia bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan jumlah jemaah haji 1442 H/ 2021 M akan berjumlah 60 ribu orang saja,” kata Agus, dalam keterangan tertulisnya, Ahad (23/5), sebagaimana dikutip Detik.

Menurut Agus, informasi yang beredar saat ini bersumber dari Surat Edaran Kemenkes Saudi terkait protokol ibadah haji 1442 H.

Dari penelusurannya, Dubes Agus memastikan bahwa dokumen yang beredar itu bukan dokumen resmi.

Hal ini dipastikan setelah mendapat jawaban dari Kemenkes Saudi, bahwa dokumen tersebut adalah ‘ghair mutamadah,’ yaitu bukan dokumen resmi yang sah dan dapat dijadikan pegangan.

Agus kemudian berpesan mengajak umat Islam dan publik di Indonesia untuk menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah Arab Saudi.

Sambil mengingatkan bahwa Pemerintah Arab Saudi sedang mempersiapkan skenario terbaik pelaksanaan ibadah haji tahun ini dengan mempertimbangkan segala aspek, yang mengutamakan kekhusyuan dan kelancaran beribadah serta keselamatan jiwa Jemaah. (dtk)

Ditulis oleh: admin

Konten Terkait