Arab Saudi Tempati Urutan Pertama Dalam Respon Pemerintah dan Pengusaha Terhadap Virus Corona

  • 3 Juni 2021
  • 241 views
Arab Saudi Tempati Urutan Pertama Dalam Respon Pemerintah dan Pengusaha Terhadap Virus Corona

Arab Saudi menempati peringkat pertama di seluruh dunia dalam tanggapan pemerintah serta pengusaha terhadap pandemi COVID-19 dan berada di peringkat ke-7 dalam kemajuan kewirausahaan di seluruh dunia, menurut laporan Global Entrepreneurship Monitor (GEM) untuk tahun 2020/2021.

Laporan tersebut dikeluarkan bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Bisnis dan Kewirausahaan Pangeran Muhammad Bin Salman (MBSC) dan Babson Global Center for Entrepreneurial Leadership (BGCEL).

Mengomentari laporan tersebut, Gubernur Otoritas Umum Usaha Kecil dan Menengah (Monsha’at), Saleh Bin Ibrahim Al-Rasheed mengatakan bahwa pencapaian tersebut mencerminkan dampak luar biasa dari Visi Kerajaan 2030 pada usaha kecil dan menengah, serta pengusaha.

Dia menambahkan bahwa visi 2030 memberikan lingkungan bisnis yang ideal yang ditandai dengan fleksibilitas dan kemampuan untuk menghadapi tantangan.

Menurut laporan GEM, Kerajaan telah melompat ke tempat pertama di seluruh dunia pada indeks kemudahan memulai bisnis dari posisi ke-22.

Lompatan ini mencerminkan reformasi penting dalam lingkungan kewirausahaan untuk prosedur memulai bisnis. Juga, Kerajaan menempati peringkat pertama dalam hal memberikan peluang bagus untuk memulai bisnis.

Kerajaan melompat ke tempat ketiga dari posisi ke-19 karena peningkatan peluang pembiayaan dari semua jenis untuk perusahaan baru di pasar lokal.

Arab Saudi juga naik dari tempat ke-35 ke urutan ke-2 dalam indeks infrastruktur fisik karena akses mudah ke banyak layanan, seperti ruang kantor, situs komersial, Internet, dan layanan publik. Dalam indeks kemudahan masuk ke pasar, Saudi juga melonjak ke posisi ke-3.

Kerajaan berada di peringkat ke-4 dalam indeks kemudahan masuk ke pasar setelah sebelumnya berada di peringkat ke-18, yang mencerminkan perubahan kualitatif dalam kebijakan dan undang-undang pemerintah, yang berkontribusi untuk mengatasi hambatan bagi pengusaha sambil mempertahankan posisi kedua dalam indikator “kepemilikan pengetahuan dan keterampilan pribadi untuk memulai bisnis.”

Perlu dicatat bahwa Monsha’at bekerja keras untuk menyediakan semua kebutuhan bagi usaha kecil dan menengah dan pengusaha untuk menciptakan lingkungan yang menjanjikan yang mendorong kewirausahaan, untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. — SG

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait