Hanya Untuk Warga Saudi dan Eskpatriat, Pendaftaran Haji Mulai Dibuka 13 Juni

  • 12 Juni 2021
  • 770 views
Hanya Untuk Warga Saudi dan Eskpatriat, Pendaftaran Haji Mulai Dibuka 13 Juni

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi resmi mengumumkan pelaksanaan haji tahun ini hanya dikhususkan bagi warga Saudi dan ekspatriat yang bermukim di Arab Saudi.

Dalam keterangan awal pada hari Sabtu (6/12), Kementerian menyampaikan bahwa jemaah haji dibatasi hanya 60 ribu orang saja.

Keputusan ini setelah menimbang atas perkembangan covid-19 secara global yang masih pandemi dan munculnya munculnya varian baru dari Virus Covid-19.

Lebih lanjut dalam keterangannya, warga yang diizinkan untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini, bagi yang berusia antara 18-65 tahun, dengan syarat telah mendapat vaksinasi dengan dosis komplet, atau telah mendapatkan 1 dosis setelah 14 hari, atau pernah terjangkit dan telah sembuh dari Covid-19.

Dalam Jumpa Pers beberapa saat setelah pengumuman di atas, Menteri Kesehatan Arab Saudi, dr Taufiq al-Rabi’ah, menyampaikan bahwa perkembangan covid-19 secara global masih terjadi pandemi dan munculnya mutasi yang beragam.

Untuk itu, Kerajaan Arab Saudi telah melakukan berkoordinasi dengan WHO untuk mengatur protokol haji untuk menjamin keselamatan jamaah haji.

Pemerintah Saudi juga mengatur bagi pekerja yang terkait pelaksanaan haji harus sudah mendapatkan vaksin lengkap dan pemantauan kesehatan jamaah haji yang dilakukan secara berkesinambungan.

Perhatian atas keselamatan haji termasuk penyiapan beberapa rumah sakit di kota Makkah untuk jamaah, menetapkan sertifikat vaksin hanya diberikan secara online untuk menghindari pemalsuan.

Wakil Menteri urusan Haji dan Umrah Arab Saudi juga memberikan menyampaikan bahwa keputusan diambil berdasarkan pada maqosid al-syar’iah (tujuan syariat) untuk melindungi jiwa manusia, serta untuk memberikan segala kemudahan agar jamaah Haji beribadah dengan tenang.

Untuk itu, instansi terkait telah mempelajari semua indikasi secara detail untuk mendapatkan sebuah pengaturan yang sesuai dengan standar kesehatan. Di antaranya dengan menghindari berkembangnya wabah selama perkumpulan manusia pada musim Haji.

Untuk pendaftaran haji, portal Kementerian Haji telah mengumumkan mulai dibuka besok, 3 Dzulqadah 1442 jam 1.00 siang sampai tanggal 13 Dzulqadah 1442 jam 1.00 siang.

Selama periode tersebut dipersilahkan untuk mendaftar tanpa prioritas bagi yang pertama kali mendaftar. Adapun pemilihan dan pembelian paket haji mulai hari Jum’at, 15 Dzulqadah 1442, jam 1.00 siang.

Link portal untuk pendaftaran haji domestik: https://localhaj.haj.gov.sa/LHB/pages/home.xhtml?dswid=-1789.

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait