Cara Mudah Pendaftaran Haji 1442 Bagi Warga Yang Tinggal Di Arab Saudi

  • 13 Juni 2021
  • 1,234 view
Cara Mudah Pendaftaran Haji 1442 Bagi Warga Yang Tinggal Di Arab Saudi

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mulai hari Ahad (13/5), telah membuka pendaftaran secara elektronik di portal localhaj ini.

Pendaftaran haji untuk musim tahun ini tampak lebih mudah dan sederhana dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini tampak dari fitur dan kolom yang harus diisi secara online.

Setelah mengklik tautan portal Kementerian Haji dan Umrah, langkah pertama adalah memilih button “register” atau “tasjil rughbah hajj.”

Setelah itu calon jemaah haji diminta untuk membaca dengan seksama sebelum menyatakan persetujuannya atas beberapa hal yang harus ditaati.

Poin-poin yang harus disepakati merupakan pernyataan bahwa calon jemaah haji secara jujur mengakui tidak pernah berhaji sebelumnya dalam 5 tahun terakhir, tidak memiliki penyakit kronis, tidak terinfeksi dengan virus corona, serta berusia antara 18 hingga 65 tahun.

Persyaratan lainnya di antaranya telah mendapat vaksinisasi komplet dua dosis atau sekali atau telah sembuh dari infeksi virus sebagaimana status sehat di Tawakalna.

Setelah memastikan semuanya disepakati, klik button I agree,” kemudian diminta mengisi ID number atau nomor iqomah, kota domisili dan memasukkan image code.

Jika tidak ada kesalahan, maka akan diteruskan memasukkan nomor HP untuk menerima sms verifikasi berupa 4 digit nomor untuk tiruliskan di portal pendaftaran tersebut.

Setelah proses tersebut selesai, maka akan terverifikasi data calon jemaah haji dan muncul notifikasi nomor permintaan daftar haji dan informasi jika lulus kriteria kesehatan terimunisasi, baru akan diizinkan untuk menyelesaikan prosedur pemilihan paket dan pembayaran serta penerbitan tasreh melalui portal reservasi, sesuai prioritas, mulai tanggal 15 Dzulqa’dah 1442.[]

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait