Dokumentasi Digital Lebih Dari 75 ribu Khutbah Dan Tilawah Masjidil Haram

  • 17 Juni 2021
  • 176 views
Dokumentasi Digital Lebih Dari 75 ribu Khutbah Dan Tilawah Masjidil Haram

Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah mengkatalogkan kurang lebih 75.500 kaset bacaan shalat, khutbah dan ceramah keagamaan yang diadakan di Masjidil Haram, termasuk sekitar 66.420 kaset pelajaran dan khutbah dalam bahasa Indonesia, dan 7.854 dalam bahasa Urdu.

Badan Pembinaan dan Bimbingan Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang diwakili oleh Directive Audio and Visual Production Department, memiliki kurang lebih 107 ribu kaset, termasuk pelajaran ilmiah, ceramah, tilawah dan khutbah yang disampaikan di Masjidil Haram sejak 1407 H.

Direktur Directive Audio and Visual Production Department, Prof. Mamdouh bin Saeed Al-Khuzaie menjelaskan bahwa salah satu pekerjaan yang paling menonjol yang dilakukan oleh departemennya adalah proyek pengindeksan digital untuk arsip audio.

Hal ini memungkinkannya menyortir dan mengkategorikan materi audio antara pelajaran ilmiah, khutbah, tilawah dan ceramah yang disampaikan di Masjidil Haram.

Semuanya didokumentasikan, direvisi dan didigitalkan untuk kemudahan akses dan kebutuhannya untuk kegiatan teknis seperti evaluasi, pemilahan, pelestarian dan pemeliharaan, pengambilan, sirkulasi dan transformasi digital.

Mamdouh menyampaikan bahwa administrasi mulai mengerjakan proyek ini sejak 25 Muharram 1442, mengikuti mekanisme yang sistematis dengan memasukkan dan menulis data kaset dari arsip di gudang.

Data dimulai dengan nomor seri arsip audio, nama syaikh, nama dan judul buku, kemudian diakhiri dengan tanggal pelajaran itu diajarkan dan didokumentasikan dalam template terpadu.

Semua ini merupakan bagian dari warisan agama dan budaya Masjidil Haram serta bukti hidup posisinya dalam penyebaran ilmu syar’i dan realisasi visinya dalam menyebarkan agama Islam kepada dunia.

Layanan ini berada di bawah bimbingan Presiden Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syaikh Dr. Abdul Rahman bin Abdulaziz Al-Sudais.

Yang dilanjutkan secara berkesinambungan oleh Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Pembinaan dan Bimbingan Syaikh Salman bin Saleh Al-Maqoshi, dalam memberi layanan terbaik kepada para peziarah Al-Haramain secara maksimal dan mempromosikan pesan ilmiah, dakwah, petunjuk dan bimbingan. Sumber: gph

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait