Lompatan Industri Perbankan Saudi Dengan Bank Digital

  • 24 Juni 2021
  • 147 views
Lompatan Industri Perbankan Saudi Dengan Bank Digital

Sidang Kabinet Arab Saudi yang dipimpin Khadimul Haramain dalam sidangnya pada hari Selasa (22/6), menyetujui pendirian STC Bank dan Saudi Digital Bank.

Keduanya merupakan bank digital dengan total modal 4 miliar Riyal ($1.066 juta) yang akan segera didirikan, sebagai kelanjutan untuk mengembangkan sektor keuangan.

Keberadaan bank virtual ini akan menguntungkan ekonomi negara, sektor publik dan swasta, menunjukkan bahwa Arab Saudi sedang mempersiapkan masa depannya dengan mengembangkan sektor keuangan yang didukung oleh undang-undang dan infrastruktur di bidang teknis.

Pada Rabu (23/6), Menteri Keuangan Saudi dan Kepala Program Pengembangan Sektor Keuangan, Mohammed Al-Jadaan, menjelaskan bahwa persetujuan dewan tersebut mencerminkan ketajaman kepemimpinan untuk mengikuti perkembangan pesat dalam “teknologi keuangan.”

Keputusan ini juga memungkinkan Kerajaan menjadi salah satu pusat keuangan terbesar di dunia, atas dukungan penuh terhadap salah satu program “Visi Kerajaan 2030” yang paling menonjol.

Al-Jadaan, juga mengungkapkan bahwa persetujuan tersebut dimaksudkan untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan digital dan keuangan global.

Talat Zaki Hafiz, seorang ekonom dan analis keuangan, mengatakan lisensi baru akan menambah nilai tambah bagi sektor perbankan Saudi dan sistem keuangan digital yang tumbuh cepat, terutama kaitannya dengan tujuan Saudi untuk mencapai 70 persen pembayaran non tunai dari total transaksi keuangan.

Sementara itu, Gubernur Bank Sentral Saudi, Dr. Fahd Al-Mubarak, mengomentari bahwa keputusan Kabinet Saudi tersebut akan menjadikan bank digital mampu melakukan pengawasan dan pengendalian terutama pada aspek teknis, keamanan siber, anti pencucian uang dan pendanaan teroris.

Al Mubarak mengatakan bank digital akan menyediakan produk dan layanan keuangan secara eksklusif melalui saluran digital dengan model bisnis perbankan yang inovatif, yang berkontribusi pada peningkatan inklusi keuangan, karena bertujuan untuk mengikuti perkembangan terkini dalam keuangan global.[]

Sumber: Syarq Al-Awsath, Arab News, Saudi Gazzete

Ditulis oleh: News Admin