Buku Pelajaran Baru Di Saudi Mengulas Sejarah Daulah Utsmaniyah Di Jazirah Arab

  • 30 Agustus 2021
  • 318 views
Buku Pelajaran Baru Di Saudi Mengulas Sejarah Daulah Utsmaniyah Di Jazirah Arab

Tahun ajaran baru 1443 H / 2021 M di Arab Saudi yang dimulai Ahad (29/8) kemarin, sekaligus menerapkan perubahan kalender pendidikan dari sistem semester menjadi caturwulan. Selain itu, kurikulum barunya juga mulai digunakan.

Di antara yang menarik perhatian netizen di Arab Saudi adalah buku Pelajaran Sosial (al-Dirasah al-Ijtima’iyah) untuk kelas 2 SMP (al-Mutawasith) caturwulan pertama.

Buku yang diterbitkan Kementerian Pendidikan Arab Saudi tersebut merupakan buku pegangan wajib yang diajarkan di kelas, berdasarkan kurikulum 1443 H / 2021 M.

Dalam Wahdah Tsaniyah di ad-Dars as-Sabi’, disampaikan “hasil invasi dari peperangan dan penguasaan al-Utsmaniy di Jazirah Arab.” Di antara yang disebutkan antara lain:

  • Memerangi negara Saudi pertama dan kedua, serta mendukung beberapa penguasa kependudukan untuk melawan Raja Abdulaziz.
  • Penghancuran Diriyah dan kota-kota sekitarnya serta sebagian besar negara Zahran dan Asir.
  • Menyiksa Imam Abdullah bin Saud dan membunuhnya di Istanbul, imam terakhir Daulah Saudiyah pertama.
  • Mempersempit ruang gerak penduduk kota Ahsa dan Asir, terutama perdagangannya, berulang kali dan terus menerus. Meskipun mereka telah mengadukan kepada pemerintah al-Utsmaniy, tetapi tidak ditanggapi.
  • Pemindahan paksa penduduk Madinah dalam peristiwa “Safar Barlik.”

BACA: Safar Barlik: Sejarah Memilukan Arab di Bawah Kekuasaan Utsmani

Materi selanjutnya membahas melemahnya Daulah Utsmaniyah dengan menyebutkan sebab-sebabnya sehingga runtuh pada tahun 1342 H.[]

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait