Apa Yang Membuat Arab Saudi Unik?

Apa Yang Membuat Arab Saudi Unik?

Selain tentunya Biladul Haramain, yang terdapat dua Tanah Suci umat Islam Makkah dan Madinah, Arab Saudi juga memiliki keunikan tersendiri. Berikut di antaranya yang dirangkum Areej Musaed, Translator at Air and Missile Defense Kerajaan Arab Saudi.

Saudi adalah rumah bagi perusahaan minyak terbesar di dunia, Saudi Aramco, yang juga merupakan pengekspor minyak terbesar di dunia. Aramco pemasok 13,3% minyak mentah dunia.

Meskipun negara monarki absolut, Arab Saudi berada di peringkat ke-27 negara paling bahagia di dunia —menurut World’s Happiness Report 2020.

Warga Saudi menikmati akses gratis kesehatan, pendidikan dari taman kanak-kanak hingga pascasarjana. Mahasiswa masing-masing dibayar $260 perbulan, harga air dan gas bersubsidi (salah satu harga gas termurah di dunia), jalan-jalan antara kota gratis, tidak ada pajak penghasilan.

Arab Saudi memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Ini peringkat negara teraman di antara G20 — lebih aman daripada AS, Inggris, UE, Cina, Jepang, dan Rusia. Anda benar-benar dapat berjalan sendirian di malam hari tanpa harus khawatir dengan keselamatan Anda, baik itu di perkotaan atau di desa.

Mayoritas orang Saudi, 70% tepatnya, berusia di bawah 30 tahun. Mereka mendorong perubahan sosial yang saat ini terjadi di negara tersebut.

Misalnya, perempuan diberikan hak hukum penuh pada tahun 2019, larangan mengemudi perempuan dicabut, upah yang sama diberlakukan di sektor publik, pariwisata dan investasi asing diizinkan, cambuk sebagai bentuk hukuman ta’zir dihapuskan, dan banyak reformasi sosial besar lainnya.

Di saat yang sama, pendidik dan ulama diposisikan sangat mulia diperhatikan kesejahteraannya. Mulai muadzin, khatib dan imam masjid digaji hingga diposisikan setingkat dengan menteri negara.

BACA: Ini Dia Masjid di Arab Saudi Yang Banyak Belum Tahu
BACA: Antara Masjid di Indonesia dan Arab Saudi

Sementara sebagian besar wilayah Arab Saudi adalah gurun, ada pedesaan, pegunungan yang sangat tinggi, oasis, ladang hijau dan pertanian.

Dan yang paling mengejutkan bagi kebanyakan orang adalah bahwa salju benar-benar turun di Arab Saudi! Ini berarti Anda dapat menghindari panas di musim panas, ke daerah dingindalam beberapa jam menggunakan transportasi darat. [dengan beberapa perubahan dan penambahan]

Ditulis oleh: News Admin