Kemenpora Arab Saudi Selenggarakan Lomba Hafalan Quran dan Hadits Di Masjid Nabawi Madinah

  • 5 September 2021
  • 115 views
Kemenpora Arab Saudi Selenggarakan Lomba Hafalan Quran dan Hadits Di Masjid Nabawi Madinah

Kementerian Pemuda dan Olahraga Kerajaan Arab Saudi, mulai hari ini menyelenggarakan lomba hafalan Al-Quran dan Hadits. Acara ini berlangsung hingga 28 Muharram 1443 H, bertempat di Masjid Nabawi, Madinah al-Munawwarah.

Diwakili oleh Badan Olahraga dan Pemuda – Administrasi Umum Organisasi Pemuda, musabaqah diikuti 64 pemuda peserta dari seluruh kantor Kemenpora di berbagai wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Lomba ini di bawah pengawasan langsung Prof. Abdulaziz bin Abdulrahman Al-Masad, Wakil Menteri Olahraga dan Pemuda, bertujuan untuk melestarikan Kitab Suci Allah dan Sunnah NabiNya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Selain mendorong generasi muda untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an serta merenungkan makna dan ketentuannya.

Di antara tujuan lain dari lomba, untuk meningkatkan semangat persaingan yang jujur ​​di kalangan anak muda, menginvestasikan waktu mereka untuk hal-hal yang bermanfaat bagi mereka dan mempererat ikatan persaudaraan di antara anak muda dari berbagai daerah di Arab Saudi.

Lomba ini menargetkan tiga kelompok usia: yang pertama berusia 21 hingga 25 tahun, yang kedua berusia 16 hingga 21 tahun, dan yang ketiga berusia 11 hingga 16 tahun.

Dibagi menjadi dua bagian lomba:

  1. Lomba Hafalan Al-Qur’an, terdiri tiga cabang:

Pertama, Lomba menghafal dan membaca lima belas juz Al-Qur’an.

Kedua, Lomba menghafal dan membaca sepuluh juz Al-Qur’an.

Ketiga, menghafal dan membaca lima juz Al-Qur’an.

  1. Lomba Hafalan Hadits, mencakup tiga cabang:

Pertama, peserta diminta untuk mempersiapkan dan membaca 70 hadits dari bab “فضل الذكر والحث عليه,” hingga “فضل الدعاء بظهر الغيب.”

Adapun bagian kedua, para kontestan diminta untuk mempersiapkan dan membaca 50 bab tentang “فضل السلام والأمر بإفشائه” sampai bab “عيادة المريض”

Dan ketiga, para kontestan diminta untuk mempersiapkan dan membaca 30 hadits dari bab “فضل قراءة القرآن الكريم,” hingga bab “فضل الاجتماع على القراءة.”

Sumber: alwatanalan

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait