Syaikh Al-Mutlaq: Anak Perempuan Harus Meminta Izin Ayahnya Untuk Keluar Dari Rumah

  • 18 September 2021
  • 181 views
Syaikh Al-Mutlaq: Anak Perempuan Harus Meminta Izin Ayahnya Untuk Keluar Dari Rumah

Penasihat di Royal Court dan anggota Haiyah Kibar Ulama, Dr. Abdullah bin Muhammad Al-Mutlaq, menegaskan bahwa anak gadis harus meminta izin dari ayahnya ketika akan meninggalkan rumah, sambil menekankan pentingnya izin tersebut.

Hal ini disampaikan Syaikh Al-Muthlaq dalam program Studio Jumat di Idza’atu Nidaa al-Islam sebagai tanggapan atas seorang penelepon yang bertanya kepadanya.

Pertanyaannya, “haruskah seorang gadis meminta izin ayahnya ketika meninggalkan rumah atau pergi ke suatu tempat atau tidak?”

Syaikh Al-Mutlaq menjawab, “Jika ayah telah mengingatkan putrinya bahwa dia harus meminta izinnya ketika meninggalkan rumah, dia tidak boleh keluar kecuali setelah meminta izinnya dan membolehkannya pergi, karena melanggarnya dalam hal itu dapat menyebabkan kemarahannya dan membawa masalah.”

Beliau menambahkan, “Tetapi jika ayah menganggap hal yang ringan bagi anak gadis karena ada keperluan keluar dari rumah, maka dia boleh keluar rumah tanpa izin ke ayahnya, kecuali dia menekankan dengan mengatakan ‘jangan keluar rumah kecuali dengan izin,’ maka tidak boleh melanggarnya dan keluar rumah tanpa izin.”

Adapun perbedaan pendapat di antara para ulama dalam masalah ini, maka dianjurkan untuk mengikuti pendapat orang yang paling terpercaya di antara mereka.

Beliau juga menjelaskan bahwa agama ada di dalam hati: “Allah tidak melihat bentuk Anda, atau pada harta Anda, tetapi melihat hati dan perbuatan Anda.” Beliau melanjutkan: “Takwa ada di sini,” sambil menunjuk ke dadanya tiga kali.[]

Ditulis oleh: News Admin

Konten Terkait