Liga Premier Inggris Setujui Pembelian Newcastle United Oleh Saudi

  • 8 Oktober 2021
  • 356 views
Liga Premier Inggris Setujui Pembelian Newcastle United Oleh Saudi

Liga Premier Inggris pada hari Kamis (7/10) menyetujui pembelian Newcastle United oleh Dana Investasi Arab Saudi. Dalam sebuah pernyataan, dikatakan: “Klub dijual ke konsorsium dengan segera.”

Ditambahkan bahwa Liga Premier telah “menerima jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Kerajaan Arab Saudi tidak akan mengendalikan klub Newcastle United”.

Pengambilalihan $ 409 juta oleh Dana Investasi Publik (PIF) Saudi gagal tahun lalu karena kekhawatiran tentang seberapa besar kendali kepemimpinan Kerajaan dalam menjalankan Newcastle.

Kabar tersebut kemungkinan akan disambut baik oleh fans Newcastle United, yang telah menderita selama 14 tahun di bawah kepemilikan pengusaha Mike Ashley.

“Kami sangat bangga menjadi pemilik baru Newcastle United, salah satu klub paling terkenal di sepak bola Inggris,” kata Gubernur PIF Yasir Al-Rumayyan.

“Kami berterima kasih kepada para penggemar Newcastle atas dukungan setia mereka selama bertahun-tahun dan kami bersemangat untuk bekerja sama dengan mereka,” imbuhnya.

PIF akan menjadi mitra mayoritas bersama Reuben bersaudara dan pemodal kaya yang berbasis di Inggris, Amanda Staveley.

Grup investasi yang dipimpin oleh Dana Investasi Publik (PIF), terdiri dari PCP Capital Partners dan RB Sports & Media (the Investment Group), telah menyelesaikan akuisisi 100% dari Newcastle United Limited dan Newcastle United Football Club Limited dari St. James Holdings Limited.

Semua persetujuan yang diperlukan telah diperoleh dari Liga Premier Inggris dan akuisisi selesai pada 7 Oktober 2021.

Grup Investasi terdiri dari investor jangka panjang, yang telah sabar dengan memiliki keyakinan penuh pada kesuksesan klub di masa depan.

Pengumuman hari ini adalah kesimpulan dari proses menyeluruh dan terperinci yang memungkinkan Grup Investasi mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pemangku kepentingan dan akan membuat Newcastle United berada di posisi yang tepat untuk mengejar strategi jangka panjang yang jelas.

Gubernur PIF Al-Rumayyan akan menjabat sebagai ketua non-eksekutif Newcastle United. Staveley, kepala eksekutif PCP Capital Partners, akan memiliki satu kursi di dewan direksi. Jamie Reuben juga akan menjadi direktur Klub, mewakili RB Sports & Media.

Bagi PIF, salah satu investor paling berpengaruh di dunia, akuisisi ini sejalan dengan strateginya yang berfokus pada sektor-sektor utama termasuk olahraga dan hiburan, sejalan dengan misi PIF untuk berinvestasi secara aktif dalam jangka panjang — dalam hal ini, untuk memanfaatkan keunggulan Klub potensi dan membangun warisan klub.

Para direktur the Investment Group berterima kasih kepada Mike Ashley atas komitmennya terhadap proses penjualan, “Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Liga Premier atas kontribusinya dalam proses regulasi, yang telah membantu penyelesaian kesepakatan ini.”[]

Sumber: saudigazette

Ditulis oleh: News Admin