Saudi Space Authority Luncurkan Program Beasiswa Misi Luar Angkasa

  • 9 Oktober 2021
  • 77 views
Saudi Space Authority Luncurkan Program Beasiswa Misi Luar Angkasa

Otoritas Luar Angkasa Arab Saudi berupaya membangun sumber daya manusia nasional di industri luar angkasa dan meningkatkan keunggulan kompetitif Kerajaan. Pengembangan sumber daya manusia nasional adalah salah satu potensi terpenting untuk sektor luar angkasa di Kerajaan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, serta visi Kerajaan 2030, Saudi Space Authority meluncurkan fase pertama “Program Beasiswa Luar Angkasa” bagi mahasiswa di 30 universitas internasional terbaik dunia dalam disiplin ilmu dan teknologi antariksa untuk jenjang sarjana dan magister: teknik kedirgantaraan, ilmu antariksa, dan kebijakan Antariksa.

Teknik Dirgantara, yang meliputi desain aerospace engineering, rekayasa satelit dan subsistemnya, desain dan rekayasa misi ruang angkasa, perencanaan dan pengelolaan operasinya, desain dan pengoperasian sistem kontrol, panduan dan navigasi untuk satelit dan pesawat ruang angkasa.

Sedangkan Ilmu luar angkasa (space sciences), mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan studi dan mekanika orbit, benda langit, fisika kosmik, ilmu galaksi dan kosmologi

Kebijakan luar angkasa berfokus pada penerapan kebijakan umum negara-negara terkait dengan penerbangan luar angkasa dan kepatuhan pada Perjanjian 1967 tentang Penggunaan Luar Angkasa Untuk Perdamaian.

Program ini menerima siswa melalui dua jalur: pendidikan siswa dengan biaya sendiri dan jalur penerimaan tanpa syarat. Program ini juga menawarkan keuntungan besar, termasuk biaya kuliah, jaminan finansial, biaya hidup bagi siswa dan pembimbingnya, selain asuransi kesehatan dan tiket perjalanan dari Arab Saudi ke negara tujuan pendidikan.

Untuk tahap awal, Arab Saudi telah menerima 8 siswa laki-laki dan perempuan di angkatan pertama untuk mempelajari aerospace engineering, mereka itu adalah:

  1. Ahmed Zahid
  2. Faisal Al-Qumaizi
  3. Nayef Al-Otaibi
  4. Bahaa Al-Qattan
  5. Farah Al Yahya
  6. Adel Al-Salmi
  7. Mohab Badawy
  8. Muhannad Al-Harbi

Sementara 4 mahasiswa kader lainnya disiapkan untuk mempelajari ilmu luar angkasa, mereka adalah:

  1. Lian Al-Sabhan
  2. Abdul Ilah Al-Rabadi
  3. Maryam Hindi
  4. Maen Janbi

Untuk mendaftar program beasiswa luar angkasa di Komisi Luar Angkasa Saudi, baik untuk siswa atas nama mereka sendiri atau mereka yang telah memperoleh penerimaan bersyarat dari daftar universitas terakreditasi, bisa melalui tautan berikut: https://saudispace.gov.sa/projects-ar/scholarship/

Ditulis oleh: News Admin