Putra Mahkota Arab Saudi Buka Forum Inisiatif Saudi Hijau di Riyadh

Putra Mahkota Arab Saudi Buka Forum Inisiatif Saudi Hijau di Riyadh

Pangeran Muhammad bin Salman bin Abdulaziz (MBS), Putra Mahkota, Wakil Perdana Menteri dan Ketua Komite Tertinggi untuk Saudi Green Initiative meluncurkan sesi pertama forum tahunan Inisiatif Saudi Hijau di Riyadh pada hari Sabtu (23/10).

Dalam pidato pembukaannya di Forum Inisiatif Saudi Hijau, Putra Mahkota mengumumkan peluncuran paket inisiatif kualitatif pertama di Kerajaan sebagai peta jalan untuk melindungi lingkungan dan menghadapi tantangan perubahan iklim, yang akan berkontribusi untuk mencapai tujuan ambisius dari Green Saudi Initiative.

MBS menjelaskan bahwa Kerajaan telah meluncurkan inisiatif di bidang energi yang akan mengurangi emisi karbon sebesar 278 juta ton pertahun sampai tahun 2030, yang merupakan pengurangan lebih dari dua kali lipat target yang diumumkan Kerajaan dalam hal pengurangan emisi.

MBS juga mengkonfirmasi dimulainya fase pertama inisiatif penghijauan dengan menanam lebih dari 450 juta pohon, merehabilitasi 8 juta hektar lahan terdegradasi, dan mengalokasikan lahan lindung baru, sehingga total kawasan lindung di Kerajaan menjadi lebih dari 20% dari luas totalnya.

Putra Mahkota menekankan tekadnya untuk mengubah Riyadh menjadi salah satu kota paling berkelanjutan di dunia.
Dia juga mengumumkan niat Kerajaan untuk bergabung dengan World Ocean Union, sebuah aliansi untuk menghilangkan sampah plastik di lautan dan pantai, Perjanjian Olahraga untuk Aksi Iklim, selain mendirikan pusat global untuk pariwisata yang berkelanjutan, dan mendirikan organisasi nirlaba untuk menjelajahi laut dan samudera.

MBS juga mengumumkan bahwa Kerajaan Arab Saudi menargetkan untuk mencapai netralitas nol pada tahun 2060, melalui pendekatan ekonomi sirkular terhadap karbon, sejalan dengan rencana pembangunan Kerajaan.

Hal ini yang memungkinkan dengan diversifikasi ekonomi yang sejalan dengan “Mesin Garis Pergerakan” dan melestarikan peran utama Kerajaan dalam meningkatkan keamanan dan stabilitas pasar energi global, mengingat kematangan dan ketersediaan teknologi yang diperlukan untuk mengelola dan mengurangi emisi.

MB juga menambahkan bahwa paket inisiatif pertama ini merupakan investasi senilai lebih dari 700 miliar riyal, yang berkontribusi pada pengembangan ekonomi hijau, menciptakan peluang kerja yang berkualitas, dan memberikan peluang investasi besar bagi sektor swasta, sesuai dengan Visi Arab Saudi 2030.

Berikut pidato Putra Mahkota saat pembukaan Forum Inisiatif Saudi Hijau di Riyadh:

Ditulis oleh: admin