Patung Seni Besar Ditemukan Di Bawah Reruntuhan Di Jeddah

Patung Seni Besar Ditemukan Di Bawah Reruntuhan Di Jeddah

Setelah lebih dari empat dekade, karya salah satu seniman paling terkenal di Arab Saudi ditemukan secara tidak sengaja di bawah puing-puing di pusat bersejarah Jeddah.

Tersembunyi di balik labirin dan padatnya bangunan, kios, dan toko, pekerja konstruksi tercengang menemukan patung batu abstrak besar dengan ukiran detail.

“Karya itu tampaknya berasal dari seniman besar Abdulhalim Radwi dan berasal dari tahun 1981,” kata Menteri Kebudayaan Saudi Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan Al-Saud di Twitter.

Karya seni itu ditemukan saat Historic Jeddah Revival Project sedang berlangsung, yang berencana untuk mengembangkan kembali daerah tersebut menjadi pusat bisnis, proyek budaya, dan tujuan bagi para pengusaha.

“Karya seni ini tetap tersembunyi selama empat dekade dan sekarang muncul kembali,” kata seniman plastik Ahlam Mashhadi, anggota Asosiasi Seni dan Budaya Saudi di Taif. “Sangat menyenangkan melihat betapa banyak minat dan perhatian telah diberikan pada warisan yang indah ini.”

Seniman plastik Faisal Al-Khudidi, Direktur Asosiasi Kebudayaan dan Seni, menggambarkan Radwi sebagai salah satu seniman perintis dan pendiri kancah seni Saudi.

Radwi, yang meninggal karena serangan jantung di rumahnya di Jeddah pada tahun 2006, mengadakan pameran pertamanya di Arab Saudi tetapi berjuang untuk membuktikan kehadirannya di negara di mana sulit untuk menyebarkan dan mengenali seni. Dia dianggap sebagai salah satu pendiri seni plastik Saudi dan yang pertama bergabung dengan misi pendidikan seni.

Al-Khudidi mengatakan Radwi memiliki gaya yang unik dan membangun karya-karyanya di atas filosofi rotasi dan daya tarik magnet.

“Dia mengadopsi rotasi penting di sekitar Ka’bah sebagai metode dalam karyanya, jadi dia mengerjakan seninya secara sadar. Karyanya beragam, termasuk lukisan, dan mungkin patung yang ditemukan baru-baru ini di Jeddah yang bersejarah menunjukkan penguasaan dan kreativitasnya pada saat sulit untuk berurusan dengan bahan dan alat pahatan,” kata Al-Khudidi kepada Arab News.

“Radwi mampu memaksakan gayanya dan memiliki karya-karya istimewa yang dipadukan dengan produksi yang melimpah, yang membuat karyanya populer.”

Mashhadi dan rekan-rekannya terkejut dengan penemuan itu. Demikian pula, mereka juga senang melihat karya perintis di bidangnya mendapatkan perhatian yang layak.

“Fitur dari karya pahatan unik ini jelas dengan detail dan prasasti yang halus,” katanya kepada Arab News.

“Ini terinspirasi oleh landmark dan sifat kota Jeddah, di samping ayat-ayat Al-Qur’an dan frasa yang terukir secara spontan yang sangat indah. Ini menambahkan elemen estetika dan dekoratif bersama dengan simbol populer yang menjadi ciri wilayah tersebut dan menambahkan banyak keindahan dan daya tarik pada karya tersebut.”

Radwi memiliki karyanya yang ditampilkan di pameran seni plastik di seluruh dunia dan memiliki lebih dari 100 pertunjukan pribadi selama karirnya. Dia mungkin paling dikenal karena 15 patung luar ruangan monumental di Jeddah, yang mereproduksi benda-benda seperti tempat tinta, pena, dan kertas dalam skala besar.[]

Sumber: Arab News

Ditulis oleh: News Admin