Pertemuan Rusia-Dunia Islam Di Jeddah Bahas Kerjasama Ekonomi Dan Isu-isu Terorisme

Pertemuan Rusia-Dunia Islam Di Jeddah Bahas Kerjasama Ekonomi Dan Isu-isu Terorisme

Pertemuan Kelompok Visi Strategis “Rusia — Dunia Islam” dimulai di Jeddah pada hari Rabu (25/11) di bawah naungan Raja Salman, mengangkat tema “Dialog dan Prospek Kerjasama.”

Para pejabat dan cendekiawan dari Federasi Rusia dan negara-negara muslim berpartisipasi untuk membahas isu-isu dan kepentingan bersama untuk meningkatkan kerja sama dalam mengatasi tantangan yang ada.

Acara ini melibatkan 33 negara dan tokoh masyarakat dari 27 negara Muslim, termasuk mantan perdana menteri, mantan menteri luar negeri dan tokoh agama dari dunia Islam.

Acara ini hadir dalam kerangka upaya Rusia untuk memperkuat hubungannya dengan dunia Islam, sebagai inisiatif Arab Saudi untuk dialog antara pengikut agama dan budaya yang berbeda.

Arab Saudi menjadi tuan rumah pertemuan ini untuk kedua kalinya setelah menjadi tuan rumah sesi keempat di Jeddah pada 2008.

Tema yang dibahas saat ini berfokus pada implementasi praktis dari kemitraan strategis antara Federasi Rusia dan dunia Islam.

Sebagai diketahui, Kelompok Visi Strategis “Rusia — Dunia Islam” didirikan pada tahun 2006 setelah Federasi Rusia bergabung dengan Organisasi Kerjasama Islam sebagai anggota pengamat.

Kelompok ini telah mengadakan pertemuan sejak 2006 di Moskow, diikuti dengan pertemuan di Kazan, Istanbul, Jeddah, dan Kuwait.[]

Sumber: Arab News

Ditulis oleh: News Admin