Musim Libur Sekolah Masjid Nabawi Terima Lebih Banyak Pengunjung: Perpustakaanya Tawarkan 18 Ribu Buku

Musim Libur Sekolah Masjid Nabawi Terima Lebih Banyak Pengunjung: Perpustakaanya Tawarkan 18 Ribu Buku

Saudi Agency Press (SPA) membagikan beberapa foto suasana halaman Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawwarah. Dalam beberapa hari libur sekolah di Arab Saudi, tampak pengunjungnya bertambah padat.

Di waktu yang sama, berlangsung acara Dauroh Syaikh Soleh al-‘Ushoimiy hafizhahullahu di Masjid Nabawi kota Madinah pekan ini.

Yang menghadirinya bukan hanya kalangan pelajar yang muda belia, tetapi juga beberapa kakek-kakek turut hadir. Meski usia mereka jauh di atas rata-rata para hadirin, akan tetapi mereka tak patah semangat. Bukan hanya “jiping” (ngaji kuping), tapi mereka mempersiapkan segalanya; kitab plus alat tulis.

Beberapa peserta juga datang dari jauh. Seperti seorang pria asal dari Yaman yang berkerja di kota industri Jubail Wilayah Timur Arab Saudi.

Dia sanggup mengambil cuti untuk datang ke Madinah semata-mata demi menghadiri pengajian tersebut. Perlu diketahui, jarak Madinah-Jubail sekitar 1300 KM, lebih kurang dari Jakarta ke Lombok.

Tak kalah semangat, dia membawa keluarganya dan menyewa tempat penginapan sederhana di Madinah seharga 1000 riyal lebih untuk seminggu mengikuti daurah.

Perpustakaan Masjid Nabawi
Sementara Perpustakaan Masjid Nabawi di Madinah berupaya memperkaya pengetahuan pengunjung melalui 180.000 bukunya.

Perpustakaan yang di bawah koordinasi Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjidil Haramain, dianggap sebagai salah satu tempat terpenting yang paling dikunjungi oleh peziarah Masjid Nabawi.

Koleksi bukunya menawarkan kesempatan bagi siapa saja untuk memperkaya pengetahuan mereka, melalui beragam buku dengan lebih dari 21 bahasa dunia.

Perpustakaan menampung sekitar 180.000 buku dan 71 klasifikasi, yang sebagian besar adalah buku-buku tentang sirah nabawiyah dengan 86 judul, administrasi dan spesialis keilmuan lainnya.

Termasuk terdapat smart digital library yang menawarkan komputer dengan e-book. Kini Perpusatakaan Masjid Nabawi telah direlokasi di atap barat laut perluasan kedua masjid.[]

*)Dirangkum dari beberapa sumber.

Ditulis oleh: News Admin