Dibalik Kunjungan Presiden Prancis Ke Jeddah Arab Saudi

Dibalik Kunjungan Presiden Prancis Ke Jeddah Arab Saudi

Saudi Military Industries (SAMI) menandatangani perjanjian untuk mendirikan perusahaan patungan dengan Airbus Prancis, yang mengkhususkan diri dalam perawatan, perbaikan, perombakan, dan layanan penerbangan militer.

Markas besar proyek ini terletak di Riyadh, di antaranya di Pangkalan Udara Pangeran Sultan di Al-Kharj. Kegiatan proyek diharapkan akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2022, dengan kepimilikan saham 51% dimiliki SAMI, sedangkan Airbus dengan 49% saham.

Perusahaan pada awalnya akan melayani armada pesawat militer sayap tetap Airbus milik Arab Saudi, yang mencakup kapal tanker bahan bakar multi-fungsi A330 MRTT dan pesawat patroli maritim C295.

Yang memungkinan diperluas untuk mencakup platform lain di masa depan. Sebagai usaha patungan, juga akan berkontribusi pada pengembangan rantai pasokan lokal.

Pembukaan perusahaan di Arab Saudi ini, guna meningkatkan kandungan dan desain lokal, mengembangkan kemampuan sumber daya manusia dan manufaktur, serta mengurangi ketergantungan pada dukungan teknik eksternal dalam sistem industri militer.

Proyek bersama ini ditandatangani dalam Forum Investasi Saudi-Prancis yang digelar di sela-sela kunjungan Presiden Prancis Emmanuel Macron ke Arab Saudi.[]

Ditulis oleh: News Admin