Arab Saudi dan Oman Buka Jalan Pertama Hubungkan Langsung Antara Dua Negara

Arab Saudi dan Oman Buka Jalan Pertama Hubungkan Langsung Antara Dua Negara

Arab Saudi dan Oman buka penyeberangan jalan darat langsung yang memangkas waktu tempuh antara kedua negara hingga 16 jam. Pada hari kedua kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman (MBS) ke Kesultanan Oman, jalan tersebut resmi dibuka.

Bepergian antara dua tetangga Teluk melalui jalan darat sekarang jauh lebih mudah, pasca rampungnya jalan raya sepanjang 725 kilometer yang menghubungkan Oman dan Arab Saudi, yang akan membantu kelancaran pergerakan warga dan ekspatriat, serta integrasi rantai pasokan untuk sektor komersial, ekonomi, pariwisata, dan investasi.

Jalan raya sepanjang 725 kilometer melewati beberapa medan tersulit di dunia. Rute jalan melalui Oman’s Empty Quarter dan gubernuran Al-Ahsa Arab Saudi, yang menempuh sekitar 160 kilometer di Oman dan 580 kilometer di Arab Saudi.

Jalan yang membentang dari Bundaran Ibri di provinsi Al Dhahirah di barat daya Oman hingga persimpangan Saudi Batha di Al-Ahsa di timur, akan membantu meningkatkan komunikasi sosial antara kedua negara. Proyek ini seharusnya selesai pada tahun 2014, tetapi tantangan teknologi menyebabkannya tertunda selama bertahun-tahun.

Jaringan jalan Oman menghubungkan jalan baru ke pelabuhan Oman, zona bebas, dan bandara, memfasilitasi transportasi produk dan memperluas perdagangan antara Arab Saudi dan Oman.

Menurut Saudi Press Agency, Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi akan menginvestasikan $ 5 miliar di Oman setelah kunjungan Putra Mahkota Saudi ke negara itu sebagai bagian dari tur MBS ke negara-negara Teluk. 13 Memorandum of Understanding (MoU) senilai $30 miliar telah ditandatangani antara perusahaan Oman dan Saudi.[]

Ditulis oleh: News Admin