Lelang Plat Nomor Khusus Untuk Kendaraan Saudi Capai Jutaan Riyal

Lelang Plat Nomor Khusus Untuk Kendaraan Saudi Capai Jutaan Riyal

Lelang online untuk plat nomor kustom kendaraan di Arab Saudi menarik ratusan penawar dan berhasil mengumpulkan jutaan Riyal Saudi.

Acara ini bertujuan mengumpulkan dana untuk Direktorat Jenderal Lalu Lintas (Murur) yang beroperasi di bawah kementerian yang bertanggung jawab untuk sertifikasi plat nomor kendaraan bermotor.

Lelang dibagi dalam empat kategori; bronze, silver, gold dan diamond, telah dimulai sejak 1 Desember dan berhasil menarik minat lusinan pemilik kendaraan di Saudi untuk memasang kendaraannya dengan plat VIP eksklusif.

Dengan penawaran yang terus melangit, jutaan riyal berhasil dikumpulkan yang dananya akan dialokasikan untuk kepentingan Kementerian Dalam Negeri.

Plat kategori diamond misalnya, dengan nomor “9999 DDD” berhasil terjual seharga SR 620 ribu Riyal Saudi ($ 165.000) sebagai plat nomor kendaraan dengan harga tertinggi dalam lelang online edisi ketiga, yang berakhir pada hari Ahad lalu.

Sementara lelang keempat telah dimulai pada Kamis (30/12) lalu dan dijadwalkan berakhir pada hari Ahad (2/1) ini.

Sebanyak 24 nomor plat kendaraan ditampilkan untuk dilelang di edisi keempat kali ini. Kategori silver untuk nomor plat “11 HLH” misalnya, tercatat terjual tertinggi dengan 70 ribu Riyal Saudi sampai saat ini.

Portal Absher, yang menyediakan lebih dari 300 layanan, memungkinkan warga Saudi dan ekspatriat untuk melakuka penawaran plat nomor kendaraan pribadi, termasuk mobil pengangkut barang dan sepeda motor.

Menurut ketentuan lelang, pemilik plat nomor baru harus mengunjungi situs Murur untuk mendaftarkan plat ke kendaraan mereka dalam jangka waktu 30 hari setelah memenangkan lelang.

Murur mengatakan bahwa pemenang lelang akan menerima plat mereka melalui layanan Saudi Post, dengan syarat setiap penawar harus membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu sebesar 1 ribu Riyal Saudi sebelum menawar harga untuk plat nomor.

Plat nomor kustom merupakan hal biasa di kalangan orang kaya di wilayah negara Arab Teluk yang kaya minyak. Penawar tinggi sering kali membayar ratusan ribu dolar untuk menyesuaikan kendaraan kelas atas mereka dengan plat khusus.

Pada tahun 2008, plat nomor mobil termahal di dunia terjual dari lelang di Uni Emirate Arab (UEA) oleh Saeed Abdul Ghaffar Khouri, yang membeli seharga $ 14,2 juta untuk memenangkan plat nomor “1.” Hasil lelang ini tercatat di Guinness World Records sebagai yang termahal.

Khouri memecahkan rekor tahun 2007 yang tercatat atas nama Talal Ali, yang memenangkan tawaran $ 4,57 juta untuk plat nomor “5.”

Pada bulan Oktober 2016, pengembang properti India Balwinder Sahni membayar $9 juta di lelang UEA untuk memenangkan pelat “D 5” untuk Rolls Royce putihnya. Dia juga mengamankan pelat “O 9” di lelang serupa tahun sebelumnya.

Ketika diwawancarai CNN, multijutawan mempunyai alasan tersendiri mau mengeluarkan dana sebesar itu yang dirogoh dari koceknya. Menurut mereka, uang tersebut diniatkan sebagai amal, untuk membantu meningkatkan infrastruktur Dubai, sebuah kota yang katanya “telah memberi saya banyak hal.”

Tertarik ikut ikut lelang? Masih tersisa hari ini, kunjungi portal Absher di sini: https://mazad.absher.sa/portal/auction-dashboard/ [ARBN]

Ditulis oleh: News Admin