8 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Orang Yang Tinggal di Arab Saudi

8 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Orang Yang Tinggal di Arab Saudi

Jika Anda tinggal di Arab Saudi, maka perlu dibekali dengan beberapa aplikasi yang terpasang di smartphone yang memudahkan dan diperlukan sewaktu-waktu. Aplikasi yang dirilis oleh pemerintah Arab Saudi ini bisa diunduh oleh HP berbasis Android maupun Apple.

Absher

Absher merupakan layanan online yang dibuat Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi. Dengan aplikasi ini, pemilik akun Absher akan dipermudah dalam layanan berbagai macam dokumen negara.

Seperti merilis izin (tasreh) berhaji, visa exit re-entri, perpanjangan iqomah, surat izin mengemudi (SIM), termasuk memeriksa apakah tunggakan yang harus dibayarkan karena pelanggaran atau tanggungan lainnya.

Aplikasi ini kemudian dikembangkan menjadi Absher Business dan Individual. Bagi pengguna individu, daftar dan buat akun Absher Individual.

Kartu Izin Tinggal (Hawwiyah lilmuqim atau Iqamah) juga berupa digital dengan menggunakan aplikasi Absher Individual.

Tawakkalna

Aplikasi “Tawakalna” salah satu solusi digital yang sukses dan efektif, diluncurkan oleh Saudi Authority for Data and Artificial Intelligence (SADAA).

Pada awalnya sebagai tracking terkait wabah virus corona, kemudian terus diperbarui. Di antaranya terdapat fitur “Paspor Kesehatan” yang merekam data di iqamah, nomor paspor, hasil PCR terbaru, status dan histori vaksin, asuransi Covid-19, golongan darah, termasuk status pelanggaran lalu lintas dan terus dikembangkan sesuai kebutuhan.

CEO sistem aplikasi “Tawakalna”, Insinyur Abdullah Al-Issa, mengungkapkan bahwa aplikasi Tawakalna akan dapat terus digunakan setelah pandemi corona di Arab Saudi berakhir.

Sehhaty (My Health)

Aplikasi Sehhaty merupakan aplikasi kesehatan untuk meningkatkan standar kesehatan dan mengembangkan layanannya.

Aplikasi ini juga bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup sehat dengan menyebarkan kesadaran kesehatan secara keseluruhan dan memungkinkan warga di Saudi untuk mengakses informasi dan layanan kesehatan yang disediakan oleh berbagai lembaga kesehatan di Kerajaan.

Di antara fiturnya adalah untuk membuat janji mendapatkan vaksin covid-19, temu janji dengan rumah sakit, mencari obat dan apotek terdekat, memeriksa sick leave, termasuk sarana untuk monitoring kesehatan penggunanya.

Eatmarna

Aplikasi ini dibutuhkan bagi warga Saudi dan ekspatriat yagn akan mengerjakan manasik umrah dan haji, termasuk izin melakukan shalat 5 waktu di Masjidil Haram Makkah dan di Raudah Syarif Masjid Nabawi.

Pengajuan izin (tasreh) untuk pelaksanaan ibadah tersebut meliputi transportasi dan penginapan di hotel. Kini jamaah dan peziarah luar negeri yang akan mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi juga harus mengaturnya melalui aplikasi Eatmarna & Tawakkalna.

Tabaud

Aplikasi ini menyediakan 3 layanan utama bagi penggunanya, yaitu memberi tahu orang-orang jika mereka melakukan kontak dengan orang lain yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona.

Kedua, memberikan bantuan dengan mengirimkan formulir kesehatan ke Kementerian Kesehatan untuk memberikan dukungan medis yang diperlukan sesuai dengan status dan perkembangan kasus

Ketiga, memungkinkan mereka yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona untuk secara sukarela membagikan hasil tes mereka kepada orang-orang yang pernah mereka hubungi selama 14 hari terakhir.

Mada Pay

Aplikasi ini dibuat sebagai salah satu cara paling aman dan nyaman untuk membayar pembelian sehari-hari, sebagai pengganti alat pembayaran kartu fisik debit atau ATM.

Dengan Mada Pay, semua kartu dari bank manapun yang diterbitkan di Arab Saudi, dapat dikumpulkan dalam satu HP. Anda bisa melakuan pembayaran di manapun yang terdapat logo “mada atheer” atau simbol pembayaran nirsentuh.

Najm

Bagi pengendara mobil yang biasa menghadapi resiko kecelakaan di jalan raya, aplikasi Najm untuk layanan asuransi ini sangat diperlukan.

Aplikasi ini membantu untuk mempermudah proses pelaporan kecelakaan lalu lintas, termasuk mempercepat kedatangan penyelidik Najm ke lokasi kecelakaan dengan mendapatkan lokasi kecelakaan yang akurat.

Selain itu, secara otomatis mendaftarkan nomor kecelakaan, mengetahui dan memonitoring status kecelakaan yang dilaporkan.

Al Kahraba

Perusahaan Listrik Saudi telah mengembangkan layanannya untuk pelanggannya dengan aplikasi ALKAHRABA.

Dengan aplikasi ini, dapat memberi Anda akses ke layanan, di antaranya grafik penggunaan listrik, jumlah tagihan, memeriksa kategori konsumsi listrik, detail pembayaran, menanyakan status permintaan pelayanan listrik, dan lain sebagainya.[]

Ditulis oleh: News Admin