Survey di Indonesia: Pangeran Muhammad bin Salman Paling Populer di Antara Para Pemimpin Dunia

Survey di Indonesia: Pangeran Muhammad bin Salman Paling Populer di Antara Para Pemimpin Dunia

Sebuah survei yang dilakukan oleh Australian Research Centre Lowy Institute pada Desember 2021, menunjukkan bahwa Putra Mahkota Muhammad bin Salman (MBS) adalah sosok paling populer di antara pemimpin dunia di Indonesia.

Menurut hasil polling yang diumumkan Australian Research Center pada 4 April dan dipublikasikan CNN Indonesia pada Selasa (5/4), popularitas MBS di Indonesia yang berpenduduk 257 juta jiwa dan merupakan negara terpadat keempat di dunia, melampaui popularitas Presiden AS Joe Biden, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden China Xi Jinping.

Australian Research Center merupakan lembaga think thank bergengsi internasional yang telah melakukan jajak pendapat para pemimpin dan politisi paling berpengaruh di dunia sejak didirikan pada tahun 2003.

Hasil surveynya menunjukkan Pangeran Mohammed bin Salman dipercaya oleh 57% responden Indonesia, diikuti oleh Putra Mahkota Uni Emirat Arab dengan 52%, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden AS Joe Biden dengan 44%.

Kemudian Presiden Rusia Vladimir Putin dengan 40% suara responden, sementara Presiden China Xi Jinping dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dipercaya oleh 34% responden. Disusul Perdana Menteri Australia dan Perdana Menteri India mendapat kepercayaan hanya 38% responden.

Dan ini bukan pertama kalinya MBS menduduki puncak kancah global di antara para pemimpin paling populer dan paling berpengaruh dalam bidang budaya dan teknologi, yang telah mempengaruhi jalannya perdagangan dunia sejak tahun 2017.

Pada tahun 2018, pemuda Arab memilih Pangeran Mohammed bin Salman sebagai tokoh paling berpengaruh dalam sebuah survei yang mencakup pendapat pria dan wanita muda di 16 negara di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Survey ini dilakukan terhadap sejumlah besar tokoh internasional, termasuk mantan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Trump Rusia Vladimir Putin dan lainnya.

Survei Pemuda Arab tahunan ke-10 ASDA’A Burson-Marsteller 2018, menunjukkan bahwa reformasi Putra Mahkota Saudi, seperti perjuangannya melawan korupsi dan mengizinkan perempuan mengemudi, telah mengambil banyak langkah untuk mereformasi ekonomi, masyarakat, dan keamanan di kawasan, menjadi alasan kuat terpilihnya sebagai “figur inspiratif bagi pemuda Arab.”

Pangeran Muhammad bin Salman juga dianugerahi gelar tokoh Arab paling menonjol untuk tahun 2021, menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh situs web RT Rusia.

Pada tahun yang sama, Liga Negara-negara Arab menganugerahkan Pangeran Muhammad bin Salman sertifikat “Perisai Aksi Pembangunan” untuk tahun 2021.[]

Sumber: sabq

Ditulis oleh: News Admin