Sekjen Liga Dunia Muslim Promosikan Nilai-Nilai Universal Antar Umat Beragama

Sekjen Liga Dunia Muslim Promosikan Nilai-Nilai Universal Antar Umat Beragama

Liga Dunia Muslim (MWL) telah mengembangkan ruang linkup pekerjaannya sejak berada di bawah kepemimpinan Sekretaris Jenderal yang baru.

Dr Muhammad bin Abdul Karim Issa yang memimpin MWL sejak Agustus 2016 telah berkeliling dunia untuk bertemu para pemimpin di berbagai bidang dan agama, dengan tujuan mencapai dunia yang menghargai perbedaan.

Di antaranya menyelenggarakan Forum Global “Mempromosikan Nilai-Nilai Universal di Antara Umat Beragama” pada 11 Mei 2022 (10 Syawwal 1443) di ibukota Arab Saudi, Riyadh.

Para pemimpin Muslim, Yahudi dan Kristen terkemuka, termasuk denominasi dan Hindu serta Budha, dengan partisipasi peserta dari 37 negara.

Fokusnya adalah untuk menyatukan nilai-nilai moderasi, meningkatkan persahabatan dan membangun solidaritas untuk menghadapi ancaman ideologi ekstremis.

Terlepas dari upaya Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia dalam nilai-nilai toleransi dan kerja sama dan menghadapi intoleransi agama di antara agama-agama yang berbeda, peristiwa dari waktu ke waktu dapat memicu kebencian antara bangsa dan masyarakat,

Contohnya adalah apa yang terjadi baru-baru ini di Swedia ketika seorang ekstremis membakar Alquran dan tindakan sebelumnya di Norwegia, di mana beberapa ekstremis membakar Alquran.

Kita harus melipatgandakan upaya kolektif lintas agama, perbedaan dan masyarakat untuk membawa pemahaman yang lebih baik satu sama lain.

Selamat kepada Dr Issa atas inisiatif yang luar biasa ini di Riyadh, Arab Saudi.

Disalin dari opini Muhammad Abbasi (Asosiasi Muslim Inggris), di mmabbasi.com

Ditulis oleh: News Admin