Hasil Undian Elektronik Untuk Jemaah Haji Domestik Diumumkan Malam Ini

Hasil Undian Elektronik Untuk Jemaah Haji Domestik Diumumkan Malam Ini

Hari Rabu (15/6) ini, Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Dr Abdul-Fattah Mashat menyaksikan pengumuman hasil undian elektronik jemaah haji dari dalam Arab Saudi untuk tahun ini.

Mashat mengungkapkan, undian elektronik jamaah haji domestik ini dimulai setelah shalat Dzuhur hari ini. Hanya pendaftar yang memenuhi persyaratan yang diikutkan dalam seleksi.

Rencananya malam ini pesan teks (SMS) akan dikirimkan langsung ke calon jamaah haji atau dapat dilihat melalui platform Etamarna masing-masing calon jamaah yang mendaftar.

Saat diwawancarai oleh stasiun televisi Al-Arabiya, Mashat mengatakan bahwa setelah pesan tiba, para kandidat dapat masuk ke situs web Kementerian Haji dan Umrah untuk menyelesaikan sisa prosedur berikutnya.

Yaitu membayar biaya dan memilih layanan tambahan, setelah itu izin (tasreh) haji akan dirilis langsung melalui sistem elektronik.

Mengenai jumlah pendaftar dari warga Saudi dan ekspatriat, menurutnya, tercatat total sebanyak 217.000 warga yang memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh Kementerian Haji dan Umrah.

Adapun jumlah total warga yang mengajukan izin (tasreh) haji ini berjumlah sekitar 300.000, dengan kuota yang ditentukan untuk haji domestik sebanyak 150.000 jemaah.

Wakil Menteri Haji dan Umrah mengkonfirmasi bahwa calon jamaah haji domestik adalah seluruh warga Saudi dan asing yang tinggal di Arab Saudi, diundi secara elektronik tanpa campur tangan manusia.

Kementerian menegaskan bahwa undian dilakukan dengan mekanisme pemilihan acak dari pendaftar yang memenuhi persyaratan. Bagi pendaftar yang tidak memenuhi persyaratan dikeluarkan dari undian secara otomatis.

Pesan teks berupa SMS atau pengumuman di web kementerian, Mashat memperkirakan bahwa kemungkinan akan terjadi sedikit keterlambatan.

Tetapi pihaknya memastikan bahwa malam ini seluruh calon jamaah haji yang terpilih akan diumumkan secara lengkap dan jelas.[]

Sumber: okaz

Ditulis oleh: admin